Perhutani Madiun Bantu LMDH Kembangkan Budidaya Buah Melon.

Kemitraan LMDH
MADIUN, PERHUTANI (8/10) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun memberikan pembinaan usaha produktif kepada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dengan menyalurkan pinjaman lunak sebesar Rp 25 juta untuk menambah modal budidaya tanaman buah melon di lahan luar kawasan kepada LMDH Kucur Sentono Makmur Desa Biting Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.

Administratur Perhutani Madiun Widhi Tjahjanto menyatakan bahwa dalam kegiatan pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) bersama LMDH Kucur Sentono Makmur sejak tahun 2007, dapat dirasakan manfaatnya yaitu, selain bagi hasil atau sharing kayu yang diterima, juga diberikan kucuran dana pinjaman melalui Program Kemitraan Perhutani untuk pengembangan Usaha Produktif LMDH, contohnya dengan budidaya buah melon oleh LMDH Kucur Sentono Makmur ini.  Program kemitraan adalah upaya pengembangan dan peningkatan usaha produktif LMDH dengan memberikan pinjaman sebagai tambahan modal. ’’ungkap Widhi.

Ketua LMDH Kucur Sentono Makmur Bambang Warsito, menyambut gembira Program Kemitraan dari Perhutani, sehingga LMDH dapat mengembangkan sayapnya dalam upaya peningkatan pendapatan ekonomi anggota melalui trobosan usaha produktif yang ada.

“Melalui program kemitraan ini kami LMDH, ini kami mendapatkan pinjaman sebesar 25 juta sebagai tambah modal usaha budidaya buah melon dilahan masyarakat luar kawasan seluas 0,5 Ha. dan sekarang sudah panen dan dapat kami rasakan hasilnya”demikian  Warsito. (Kom-PHT/Mdn/Yudi).

Editor: Soe

copyright©2015