Perhutani Mengadakan Dialog PHBM di Bumi Cineam Tasikmalaya

Dok.Kom-PHT/Tsk  @2015

Dok.Kom-PHT/Tsk @2015

TASIKMALAYA, PERHUTANI (27/10) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Muspika Cineam dam LMDH Mekarjaya mengadakan dialog PHBM, hal ini untuk memantapkan tentang pemahaman pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) di halaman kantor camat Karangjaya Cineam. Selasa (26/10).

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Hendry Gunawan menyampaikanbahwa  tujuan dialog ini tiada lain agar pemahaman yang menjadi kunci keberhasilan PBHM benar-benar terbangun. Implementasi sistem pengelolaan hutan bersama masyarakat atau PHBM di wilayah RPH Cineam BKPH Tasikmalaya menjadi sejalan. Langkah ini ditempuh dengan menata sosialisasi PHBM secara lebih masif, agar masyarakat benar-benar memahami apa itu PHBM.

“Untuk membangun kepercayaan kita sampaikan secara terbuka dan transparan tentang aturan main, rencaana kerja dan upah kerja,” kata Henry

Camat Karangjaya, Edi Riswandi menyampaikan bahwa dengan dialog PHBM ini dapat lebih meningkatkan koordinasi dalam rangka menjaga, mengamankan dan melestarikan sumber daya hutan. Hal ini bertujuan untuk membangun hutan lestari dan meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar hutan melaui PHBM.

Kepala Desa Karangjaya Supiaman menyambut baik dialog ini, karena “masyarakat itu mudah gak muluk-muluk asal ada penjelasan terbuka bisa jadi mitra kerja. Soal hutan masyarakat sama ingin hutan lestari ini berkaitan dengan kebutuhan air. Kalau di jelaskan dengan baik masyarakat itu antusias,”

Ketua LMDH Mekarjaya Harun mengatakan bahwa dialog ini dapat membawa masyarakat yang ada di desa hutan lebih memahami akan pentinya PHBM, karena dapat meningkat kan kesejahteran masyarakat, selian itu dalam pengelolannya mengikuti aturan yang telah di tentukan oleh Perhutani. (Kom-PHT/Tsk/Asep JB).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015