Perhutani Sumedang Kembangkan Alat Mekanis Lubang Tanam

SUMEDANG, PERHUTANI (15/10) |  Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sumedang mengembangkan alat mekanis pembuatan lubang tanam dengan melakukan Uji Coba penggunaan Alat pada lokasi rencana tanaman kayu putih di petak 98 e RPH Nyalindung BKPH Tomo Utara KPH Sumedang. Selasa

Hal tersebut dalam upaya meningkatkan kualitas dan produktifitas kinerja Mandor tanam dalam menghadapi musim tanam tahun 2015.

Dalam rangka menyamakan persepsi dalam pembuatan lubang tanam yang sesuai dengan Standart Opersional Prosedur (SOP) diantaranya pembuatan lubang tanam tepat waktu diperlukan sarana yang dapat menunjang untuk kegiatan tersebut. Sehingga untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas mandor tanam perlu adanya terobosan baru guna mencapai sasaran yang diharapkan. Maka dengan itu KPH Sumedang membuat terobosan baru dalam rangka mempercepat dan meningkatkan produktifitas kinerja mandor tanam dalam hal pembuatan lubang tanam.

Wakil Administratur KPH Sumedang Utara, Moch Dradjat mengatakan, modifikasi traktor ini dilatar belakangi saat dirinya melihat dan merasakan kendala dalam pembuatan lubang tanam pada saat kemarau panjang ini yang dilakukan oleh para pekerja di lapangan. Apalagi dirinya mempunyai estimasi pekerjaan dengan rentang waktu yang tersisa di tahun 2015 yang tinggal sebentar lagi, dalam rangka menghadapi persiapan tanaman kayu putih.

“Inovasi baru ini dilakukan guna untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas mandor tanam dalam rangka persiapan lahan tanaman, dimana lahan calon tanaman tahun 2015 di KPH Sumedang rata-rata keras dan berbatu, apalagi sekarang musim kemaraunya panjang lagi” demikian Administratur KPH Sumedang, Agus Mashudi mengatakan.

Wakil Administratur KPH Sumedang Utara , Moch Dradjat  melakukan uji coba pembuatan lubang tanam secara langsung dengan alat mekanis ini, mengharapkan semua jajaran dilapangan dapat melakukan uji coba alat ini di lokasi masing-masing. Harapannya dengan bantuan alat ini dapat berpacu dengan waktu sehingga persiapan lapangan untuk tanaman dapat terealisasi tepat waktu. (Kom Pers PHT/SMD/Nana)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015