SMK Kehutanan Perlu Dikembangkan di Papua

Metrotvnews.com, Jakarta: SMK Kehutanan dinilai perlu dikembangkan di Bumi Cendrawasih. Hal ini melihat besarnya potensi alam yang ada, khususnya terkait sagu yang mulai diolah Perum Perhutani di pabriknya di Kais, Sorong Selatan, Papua Barat.

“Kita perlu bikin SMK Kehutanan yang fokusnya jurusan sagu,” kata Ketua Pokja Papua Judith Dipodiputro kepada Metrotvnews.com, di sela kunjungan ke Pabrik Sagu Perhutani, Sorong Selatan, Papua Barat, Rabu (14/10/2015).

Judith mencontohkan, kondisi SMK yang berada di salah satu desa di sekitar pabrik sagu Perhutani di Kais. SMK yang dikembangkan di sana berjurusan komputer, namun minim perlengakapn dan belum teralirkan listrik.

Menurut dia, SMK tersebut sebaiknya diubah menjadi SMK Kehutanan dengan fokus pada pengembangan sagu. Dengan demikian, mereka juga akan langsung merasakan manfaat dari keberadaan pabrik sagu Perhutani.

“Ini relevan, anak-anak belajar kehutanan dan persaguan,” jelas Judith.

Dia menilai, bukan tidak mungkin, lulusan SMK itu nantinya bisa mengembangkan perekonomian melalui bisnis sagu ini. “Bukan hanya bekerja, tapi bisa berkembang budidaya sagu, pengelolaan alam sagu hingga care taker pengolahan turunan industri hilir pati sagu,” pungkas dia.
AZF

Sumber : metrotvnews.com
Tanggal : 14 Oktober 2015