Daerah Siap Menyambut Wisatawan

KOMPAS, SOLO (5/7/2016) | Pada libur Lebaran ini, 4-11 Juli 2016, sejumlah daerah siap menyambut wisatawan dari kalangan pemudik. Sejumlah acara digelar, tempat-tempat wisata dibenahi, termasuk dengan menambah fasilitas yang menarik bagi wisatawan.

Di Jawa Tengah, Pemerintah Kota Solo menyiapkan sejumlah acara seni yang ditargetkan menarik 40.000 wisatawan untuk berkunjung. Tahun ini kami kembali menyiapkan pergelaran seni, yaitu opera Ramayana,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Solo Eny Tyasni Susana di Solo, akhir pekan lalu.ta mengatakan, opera Ramayana berjudul Sang Hanoman akan digelar secara terbuka dan gratis di area Benteng Vastenburg, 8-10 Juli pukul 20:00 Pihaknya menargetkan pergelaran ini bakal ditonton 5.000 orang setiap malam. “Tahun lalu pada masa libur Lebaran juga digelar sendratari Ramayana di Benteng Vastenburg selama tiga hari yang ditonton 2.000-5.500 orang setiap malam,” katanya.

Pimpinan Produksi Opera Ramayana Fawarti Gendra Nata Utami mengatakan, “Opera ini digarap secara kreatif dan inovatif dengan melibatkan 75 orang penari dan 30 pemusik.”

Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Balekambang, Solo, kata Eny, juga menyiapkan acara Bak-dan Ing Balekambang pada Rabu (6/7)-Minggu (10/7). Pengunjung Taman Balekambang akan disuguhi hiburan seni tradisional dan modem, seperti pentas tari dan musik. Obyek wisata Keraton Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran juga tetap buka.

Di Jawa Timur, pengelola wisata di Kota Batu menyiapkan sejumlah atraksi dan wahana tambahan. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Achmad Suparto optimistis Kota

Batu akan menjadi tujuan wisata para pemudik, apalagi salah satu obyek wisata andalari di Jatim, yaitu Gunung Bromo, masih berstatus Waspada.

Di Batu terdapat lebih dari 30 obyek wisata, baik yang bernuansa alam maupun wisata modem. Obyek wisata alam antara lain hutan Coban Talim yang di dalamnya terdapat pusat rehabilitasi lu tung Javan Langur Center, perkebunan apel, tempat pa-ralayang Gunung Banyak, dan Arboretum Sumber Brantas. Obyek wisata modem antara lain Jatim Park I dan II, Museum Angkut, Taman Predator, dan Batu Night Spectacular.

Marketing dan Public Relation Manager Jatim Park Titik S Ariyanto mengatakan, pihaknya menyiapkan wahana dan satwa baru, antara lain Superman Coaster yang mampu berputar 360 derajat dengan kecepatan 365 kilometer per jam. Ada juga tambahan beberapa binatang baru lahir, seperti harimau putih dan unta. “Jika pada akhir pekan biasa jumlah wisatawan mencapai 2000) orang per hari, maka saat Lebaran, bisa mencapai 5.000 orang per sehari,” ujarnya.

Di Jawa Barat, Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bandung Utara menawarkan 23 lokasi wisata yang dikelolanya. Lokasi wisata yang menjadi tujuan favorit antara lain Puncak Bintang (Kabupaten Bandung) dan Curug Cimahi (Bandung Barat),” ujar Administratur KPH Bandung Utara Wis-mo Tri Kancono di Bandung.

Kota Cirebon, Jabar, menawarkan wisata religi. mulai dari keraton hingga makam Sunan Gunung Jati, salah satu Wali Sa-nga. Sementara Pemerintah Yogyakarta, Dri, menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan karena banyaknya pengunjung.

(RWN/WEIVTAM/IKI/HRS)

Tanggal : 5 Juli 2016
Sumber : Kompas, hal – 25