Diuk Sidengdang di Curug Cilengkrang

PIKIRAN-RAKYAT.COM, BANDUNG (12/7/2016) | Waktu kerja sudah berangsur normal setelah libur Lebaran. Namun, masa liburan anak-anak masih tersisa beberapa hari lagi minggu ini. Jika dirasa masih perlu liburan, tak ada salahnya melakukannya minggu ini.

Destinasi yang dekat adalah yang bisa dituju. Keuntungan berlibur minggu ini adalah kemungkinan tempat wisata tak terlalu berjejal seperti hari-hari sebelumnya setelah Lebaran.

Salah satu destinasi wisata yang dapat dituju adalah Curug Cilengkrang. Lokasinya hanya sekitar 10 kilometer dari Kota Bandung menuju ke arah timur, tepatnya di sekitar Ujungberung. Keindahan Gunung Manglayang yang menawan, suasana hutan pinus yang menyejukkan, serta air terjun (curug) alami di sana menjadi tujuan banyak orang untuk relaksasi.

Curug Cilengkrang merupakan satu kawasan wisata yang berada di kawasan Gunung Manglayang (ketinggian 1.800 m dpl) yang terletak di Desa Cilengkrang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Curug Cilengkrang merupakan obyek wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani RPH Ujungberung BKPH Manglayang Barat KPH Bandung Utara dan masyarakat setempat.

Curug Cilengkrang bisa ditempuh dari arah Jalan AH Nasution (Ujungberung) di KM 12 sebelah Timur Alun-alun Kecamatan Ujungberung Bandung. Kemudian masuk ke jalan Cilengkrang I. Dari ujung jalan tersebut, Anda harus menempuh jarak sekitar 10 kilometer untuk mencapai pintu masuk menuju air terjun. Sepanjang 7 kilometer pertama adalah dari ujung jalan hingga Kantor Desa Cilengkrang, ditambah 3 kilometer berikutnya untuk mencapai pintu masuk. Anda dapat mencapai area air terjun ini dengan kendaraan pribadi, sepeda motor, atau sepeda.

Kondisi alam curug di kawasan Bandung Timur ini terjaga dengan baik. Curug Cilengkrang memiliki rangkaian air dengan rentang 2 kilometer di sepanjang aliran Sungai Cihampelas. Sungai ini mengikuti alur lembah Gunung Manglayang dari utara ke selatan.

Begitu memasuki Curug Cilengkrang terdapat papan petunjuk bertuliskan “Diuk Sidengdang Di Curug Cilengkrang”. Artinya, mari duduk santai dengan kaki menjuntai di Curug Cilengkrang. Ide tulisan tersebut muncul lantaran Curug Cilengkrang memang menawarkan tempat keasrian hutan pinus, khas Gunung Manglayang yang nyaman. Curug Cilengkrang memiliki pesona alami yang masih terjaga. Airnya masih cukup jernih dikelilingi oleh pepohonan dan hutan pinus.

Tiket masuk Rp 7.000 dan tiket camping ground Rp 10.000. Fasilitas yang tersedia mulai dari parkir motor di dalam area, warung makanan dan minuman, musala, serta toilet. Pemandangan dari Curug Cilengkrang masih asri dan alam yang bersahabat serta indah. Sebelum memasuki kawasan gerbang Curug Cilengkrang saja sudah terlihat aliran sungai yang jernih dengan dihiasi batuan-batuan besar melengkapi pemandangan alam yang sangat indah membuat penglihatan segar dan suasana yang bikin betah.

Di sepanjang sungai Curug Cilengkrang terdapat beberapa batuan dan juga sedikit pasir, namun begitu air yang dihasilkan tetap jenih. Curug Cilengkrang yang merupakan sebuah hutan lindung dan selalu dijadikan tempat penelitian oleh para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Bandung selain tempat berekreasi.

Jadi, Anda dapat memanfaatkan sisa waktu liburan keluarga minggu ini di Curug Cilengkrang kan?

Tanggal : 12 Juli 2016
Sumber : pikiran-rakyat.com