Mendulang Oksigen Segar di Pasir Langlang Panyawangan

PIKIRAN-RAKYAT.COM, BANDUNG (7/7/2016) | Kemacetan lalu lintas selama mudik Lebaran tentu cukup membuat suasana menjadi penat. Semangat silaturahmi seharusnya diiringi oleh suasana yang segar dan penuh kegembiraan. Jika bosan berada di rumah, tak ada salahnya membawa serta keluarga ke alam terbuka. Pasir Langlang Panyawangan bisa menjadi salah satu pilihannya.

Pasir Langlang Panyawangan adalah hutan pinus yang terletak di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Lokasinya terletak sekitar 5 kilometer dari arah Jalan Raya Cagak–Wanayasa (Legok Barong). Objek wisata ini tergolong baru karena baru diresmikan 1 April 2016. Objek wisata rintisan ini berada di kawasan hutan Perum Perhutani, tepatnya RPH Wanayasa, BKPH Cisalak, KPH Bandung Utara.

Hutan pinus di Pasir Langlang Panyawangan cukup eksotik dengan pemandangan alam di sekitarnya. Saking lebatnya hutan pinus di sana, oksigen segar akan langsung dirasakan saat memasuki kawasan itu. Selama ini, lokasi hutan itu menjadi tujuan wisata masyarakat sekitar dan pengunjung dari Kuningan, Indramayu, Bekasi, dan Purwakarta. Orang sekitar menyebutnya dengan nama Ujung Aspal.

Aktivitas yang ditawarkan di Pasir Langlang Panyawangan adalah trekking, outbound, pengamatan burung, maupun hunting foto. Tak hanya itum pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun yang dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pintu gerbang dengan berjalan kaki melintasi kawasan hutan pinus.

Tiket masuknya sangat murah, sebesar Rp 5.000 per orang. Di sana terdapat sejumlah fasilitas salah satunya pos karcis, area parkir, toilet, musala, dan beberapa warung makanan. Dalam pengelolaannya, objek wisata ini bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Giri Pusaka.***

Tanggal : 7 Juli 2016
Sumber : pikiran-rakyat.com