Pesona Pelangi di Curug Cimahi

PIKIRAN-RAKYAT.COM, BANDUNG (7/7/2016) | Libur Lebaran masih lama. Ajang berkumpul dengan keluarga merupakan saat yang tepat untuk berlibur bersama. Bagi masyarakat Bandung dan sekitarnya, berlibur ke luar kota akan memakan banyak energi karena akan menembus kemacetan di tengah arus mudik saat ini.

Berlibur di wilayah Bandung merupakan pilihan tepat. Banyak sekali destinasi wisata lokal yang dapat dikunjungi namun tak memakan banyak waktu dalam perjalanan. Salah satunya adalah Curug Cimahi yang terletak di Desa Kertawangi, Kecamatam Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini dikelola oleh Perhutani Bandung Utara.

Dari pusat Kota Bandung, Curug Cimahi dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Sementara dari Cimahi, dapat ditempuh hanya dalam waktu setengah jam saja. Luas area curug atau air terjun ini adalah 25,75 hektare dan berada di dalam hutan negara yang dikelola Perhutani Bandung Utara, tepatnya di BKPH Lembang, RPH Cisarua, KPH Bandung Utara.

Berbeda dengan kebanyakan curug yang hanya dapat dinikmati saat siang hari, Curug Cimahi juga dapat dinikmati malam hari. Warna-warni yang muncul di jatuhan air terjun itu membuat curug itu juga disebut dengan nama Curug Pelangi.

Pada siang hari, keindahan Curug Cimahi tak dapat ditawar lagi. Deburan air yang jatuh dari ketinggian 71 meter itu dipercantik dengan panorama alam di sekitarnya. Tutupan hutan yang rimbun membuat suasana di sana seakan bukan berada di wilayah Bandung sakin tertutupnya. Untuk menikmatinya, Anda tak harus bersusah payah turun ke lembah, namun cukup datang ke view deck.

View deck merupakan dek yang dibuat khusus pada ketinggian tertentu hingga pengunjung dapat menikmati curug pada sudut pandang yang pas. Di view deck, pengunjung juga dapat berswafoto (selfie) dengan latar belakang pemandangan curug yang memukau. view deck ini berukuran 7×7 meter dan disangga tiang-tiang besi dengan kapasitas maksimal 16 orang di atasnya. Di sana terdapat kursi dan meja yang akan membuat suasana di sana menjadi sangat romantis.

Pada malam hari, lampu-lampu di view desk dinyalakan. Tepat di depan view deck ada curug berwarna-warni yang mulai benderang pada senja hari. Lampu-lampu di curug didesain sedemikian rupa hingga bisa menghasilkan warna-warni pelangi dan terkesan sangat eksotis.

Di Curug Cimahi, tak hanya curug yang dapat dinikmati, tapi juga keanekaragaman flora dan faunanya di sepanjang jalan menuru curug. Riuhnya kicauan burung serta sejumlah kelompok kera ekor panjang bermain di dahan-dahan pohon. Jangan khawatr, kera-kera di sini tak sebuas di tempat wisata lain karena ternyata cukup jinak.

Untuk memasuki kawasan Curug Cimahi, Anda bisa datang pada siang hari pukul 8.00-17.00 WIB dengan tarif masuk Rp 15.000 per orang. Atau malam hari pada pukul 17.00-21.00 WIB dengan tarif masuk Rp 17.000 per orang. Sangat terjangkau untuk mendapatkan suasana rileks di tengah hiruk pikuk arus mudik Lebaran…***

Tanggal : 7 Juli 2016
Sumber : pikiran-rakyat.com