Puluhan Pramuka Saka Wanabakti Grobogan Dilatih Jadi Pemandu Wisata

MURIANEWS.COM, GROBOGAN (17/7/2016) | Puluhan anggota pramuka Saka Wanabakti pangkalan Perum Perhutani KPH Purwodadi, Minggu (17/7/2016) mendapat pelatihan yang berbeda dari biasanya. Mereka mendapat latihan menjadi seorang pemandu wisata.

Acara pelatihan tersebut digelar di Wana Wisata Air Terjun Widuri yang terletak di petak 55 b RPH Tlogomanik, BKPH Pojok, di Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo. Pelatihan sengaja dilakukan pada hari Minggu karena tiap akhir pekan tempat itu paling ramai pengunjung.

“Kebetulan di wilayah kita punya potensi wisata yang cukup menarik, berupa air terjun. Makanya, sengaja adik-adik kita beri pelatihan jadi pemandu di sini. Total, ada 20 orang yang ikut pelatihan. Kegiatan ini merupakan pendalaman materi Krida Guna Wana Syarat Kecakapan Khusus (SKK) Pemanduan,” kata Ketua II Pimpinan Saka Wanabakti yang juga menjabat Wakil Administratur KPH Purwodadi Ronny Merdyanto.

Sebelum latihan jadi pemandu, para pramuka terlebih dulu mendapat pembekalan pengetahuan umum. Yakni, pehamanan lengkap mengenai tempat wisata. Seperti lokasi, desa, luasan lahan, sejarah serta profil air terjun.

Hal itu dilakukan supaya para pramuka bisa memberikan informasi yang lengkap dan memuaskan jika ada pertanyaan dari pengunjung. Sebab, seringkali pengunjung menanyakan beberapa informasi, tetapi tidak bisa mendapatkan jawaban yang lengkap.

Selanjutnya, para pramuka diajak berkeliling melihat lokasi wana wisata oleh instruktur. Para pramuka mendapatkan pula petunjuk mengenai tempat mana yang aman dan cukup berbahaya untuk didatangi pengunjung.

“Setelah itu, baru mereka kita bekali dengan pengetahuan dasar pemandu wisata. Dalam sesi ini, kita ajarkan bagaimana caranya agar bisa jadi pemandu yang baik bagi pengunjung,” imbuh Ronny didampingi Pamong Saka Wanabakti Agus Winarno.

Sumber : MuriaNewsCom
Tanggal : 18 Juli 2016
Reporter : Dani Agus