Sabtu dan Minggu Ini Puncak Kunjungan Wisatawan Domestik

KOMPAS, SURABAYA (9/7/2016) | Tempat wisata masih menjadi pilihan utama yang dikunjungi warga di berbagai kota pada hari ketiga Lebaran, Jumat (8/7). Volume kunjungan pun meningkat empat kah lipat dibandingkan hari libur biasa Kondisi itu membuat kepadatan di lokasi wisata makin panjang dan parah.
Di Kota Surabaya, pengunjung kebun binatang mencapai 13.489 orang. Padahal, hari biasa maksimal 3.000 pengunjung. Jumlah ini diprediksi meningkat lagi pada Sabtu dan Minggu ini “Untuk Sabtu dan Minggu, KBS memberikan hadiah bagi pengunjung yang membawa rombongan lebih dari 10 orang” kata anggota Staf Komunikasi KBS, Veronika La-nu.

Di Pantai Kenjeran, Surabaya, jumlah pengunjung juga mencapai 10.000 orang pada Kamis (7/7) dan sekitar 7000 orang pada Jumat Jembatan itu merupakan tempat wisata baru di Pantai Kenjeran dilengkapi dengan air mancur yang disorot lampu berwarna-warni sehingga tampak indah di malam hari

Hingga Jumat (8/7) ribuan pengunjung terus memadati obyek bangunan tua Lawang Sewu yang berdekatan dengan Monumen Tugu Muda Semarang. Selain rombongan keluarga, wisatawan berusia muda juga banyak mengunjungi bangunan bekas kantor perusahaan perkeretaapian di zaman kolonial tersebut

Sapto Hartoyo, Manajer Museum PT Kereta Api Indonesia selaku pengelola gedung Lawang Sewu, menuturkan, setiap hari Lawang Sewu dikunjungi rata-rata 5J0OO wisatawan. “Selama libur Lebaran, keramaian pengunjung di Gedung Lawang Sewu terus meningkat Puncak keramaian masih akan terjadi hari Minggu 00/7),” katanya

Untuk menarik pengunjung, fasilitas Lawang Sewu dilengkapi dengan pusat kuliner, gerai UMKM, dan ruang baca. Terlebihada grup pemusik keroncong yang selalu memainkan lagu lawas menambah suasana kuno di Lawang Sewu.

Di Banyuwangi, Jawa Timur, pengunjung memadati kawasan wisata pantai, gunung, dan perkebunan. Pantai Bangsring Banyuwangi yang baru dibuka kembali pada Jumat (8/7) langsung diserbu ribuan pengunjung. Mereka datang sejak pukul 06.00 untuk menyelam. Desa Wisata Using pun dipadati pengunjung menyaksikan ritual Barang Ider Bumi, atau ritual tolak bala masyarakat Using.

Hotel-hotel berbintang di Banyuwangi, seperti Santika, Hotel Blambangan, dan Ketapang Indah, penuh. Homestay pun laris dipesan. Budi Prasetyo, pengelola Homestay Panjul di Pulau Merah, mengatakan seluruh kamar ftomestay-nya penuh.

“Saking penuhnya, kami pun terpaksa memanfaatkan kamar keluarga untuk disewakan,” katanya

Jatim Park

Kota Batu juga diserbu ribuan pengunjung. Mereka bukan saja berasal dari Jatim, melainkan juga banyak dari 1 Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jakarta Obyek wisata yang dipadati antara lain Predator Park, Batu Secret Zoo, dan Museum Angkot (Jatim Park Grup); agrowisata petik apel; Alun-alun Batu; dan wahana arung jeram Kaliwatu. Akibatnya arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan merambat perlahan.

“Pada Lebaran hari pertama jumlah pengunjung mencapai 159 orang dan 259 orang pada Lebaran hari kedua Hari Jumat ini saja jumlah pengunjung di ate 300 orang. Pada puncak libur Lebaran hari Sabtu diperkirakan jumlah pengunjung di atas 400 orang,” ujar Pengurus Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA) Batu, Hamo, selaku penyedia agrowisata petik apel.

Lonjakan pengunjung juga terjadi di wahana wisata modem Jatim Park Grup. Jika pada hari libur biasa jumlah pengunjung 2.000 orang per hari di satu obyek, maka libur Lebaran jumlahnya 2.000-4.OOO orang per hari. Tapi, libur lebaran tahun 2015 berkisar 4.OOO-5.000 orang hari.

“Mengapa jumlah pengunjung tahun ini tak seramai Lebaran tahun sebelumnya Pertama, isu jalan ke Batu macet sehingga wisatawan memilih berlibur ke tempat lain. Kedua, para orang-tua menggunakan dana mereka untuk membayar sekolah sehingga wisata bukan jadi prioritas,” ucap Marketing and PR Manager Jatim Park II Titik S Arianto.

Di Bali, okupansi hotel bintang naik dari 40 persen pada bulan lalu menjadi 60 persen. Bahkan, okupansi beberapa hotel bintang tiga di wilayah Denpasar dan Badung mencapai 90 persen. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Gede Yuniartha menilai penyebaran wisatawan mengunjungi obyek wisata kian meluas, tak hanya di Pantai Kuta Tahun ini kunjungan wisatawandomestik menyebar ke berbagai destinasi yang ada di Bali, misalnya ke Pantai Pandawa Tanah Lot, Bedugul, Kintamani, Ubud, dan juga Kuta” kata Yuniartha

Di Bandung, Jawa Barat, sejak Jumat pagi, kepadatan kendaraan terlihat di Jalan Setiabudi dan Jalan Punclut, akses dari Kota Bandung ke Lembang. Kemacetan semakin parah saat memasuki Jalan Maribaya, Jalan Raya Lembang, dan Jalan Panorama

Ramadi (32), wisatawan asal Jakarta mengaku selalu mengunjungi kawasan Lembang. “Udaranya sejuk,” ujarnya Salah satu lokasi wisata di Lembang yang ramai dikunjungi adalah Geger Bintang Matahari. Dari destinasi wisata yang dikelola Perum Perhutani tersebut, pengunjung dapat melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam.

Sejumlah obyek wisata di sekitar Palangkaraya dan Balikpapan juga dipadati wisatawan. (CTA/DKA/PRA/DENATT/GRE/ AYS/TAM/WEK/COK)

Tanggal : 9 Juli 2016
Sumber  : Kompas