Budidaya Tebu, Perhutani Bersama PTPN III Holding dan RNI Jalin Sinergi

JPNN.COM, JAKARTA (26/10/2016) | Perum Perhutani bersama PT Perkebunan Nusantara III holding perkebunan dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sepakat bekerjasama budidaya tanaman tebu di kawasan hutan.

Kerjasama itu mendapat dukungan pendanaan dari PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (BNI) serta PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Adapun ruang lingkup kerjasama ini menyangkut penyediaan lahan kawasan hutan untuk budidaya tanaman tebu, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan melalui kegiatan tanaman tebu.

Kemudian penyediaan tenaga ahli budidaya tanaman tebu, jaminan pembelian atau pengolahan hasil budidaya tanaman tebu serta penyediaan atau pendanaan modal kerja untuk kegiatan kerjasama budidaya tanaman tebu dengan kredit sindikasi.

“Sinergi enam BUMN ini bertujuan mendukung program ketahanan pangan nasional, khususnya gula yang ditetapkan pemerintah melalui optimalisasi lahan kawasan hutan,” ujar Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/10).

Khusus untuk kerjasama tebu, Perum Perhutani mensyaratkan kewajiban penanaman tebu dibanding tanaman kehutanan dengan rasio yang seimbang untuk tetap menjaga kelestarian sumberdaya hutan.

“Detail syarat implementasi kerjasama akan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) oleh masing-masing BUMN,” imbuh Denaldy.(chi/jpnn)

Tanggal : 26 Oktober 2016
Sumber : jpnn.com