Nawa Karya dari Konggres LMDH Baturraden

2016-10-29-membangun-dari-pinggiran

BANYUMAS TIMUR, PERHUTANI (30/10/2016) | Direktur Komersial Perum Perhutani Teguh Hadi Siswanto memberikan apresiasinya kepada Konggres ketiga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang menghasilkan komitmen Tri Prasetya PMDHI yaitu (1) Berkoperasi Di Bidang Ekonomi, (2) Bersinergi Untuk Desa Hutan, (3) Berdikari dan Berkolaborasi Untuk Hutan Jawa Lestari di Baturraden (26/10).

“Perhutani mendukung hasil konggres dapat menjadikan semangat baru mewujudkan masyarakat sejahtera, dan hutan di Jawa lestari. Legitimasi LMDH di tingkat desa perlu dibenahi ditata kembali agar meningkat kapasitasnya, dan bisa berkolaborasi dengan Perhutani” kata Teguh HS

Hadir staf ahli Kementerian Pertanian, Mukti yang mengatakan bahwa sesuai nawa cita Jokowi–JK, jajarannya siap membangun dan mensejahterakan masyarakat Indonesia dari pinggiran, desa-desa sekitar hutan. Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi mulai tahun 2019 akan menggelontorkan dana desa 1,5 Milyar rupaiah setiap tahunnya,” demikian kata staf ahli tersebut.

Sementara Ketua Konggres LMDH M Adib menambahkan bahwa PMDHI menetapkan Nawa Karya sebagai tujuan yang akan dicapai pengurus periode 2016-2021. Nawa Karya PMDHI tersebut adalah: 1. Menghadirkan data dan informasi terkini kehidupan sosial ekonomi masyarakat dan perkembangan pembangunan infrasturktur desa hutan, 2. Mempublikasikan gerakan desa hutan jawa mensejahterakan Indonesia, 3. Mempersiapkan kader pengelola LMDH profesional, 4. Meningkatkan kompetensi SDM masyarakat desa hutan melalui pendidikan berkelanjutan, 5. Memperkuat budaya “gotong royong, saling membantu dan bekerjasama dalam berwirausaha melalui koperasi.,, 6. Memperkuat dan memperluas kerjasama LMDH dengan Perum Perhutani melalui Pengelolaan Sumber Daya Hutan Bersama Masyarakat yang bergerak di bidang agroforestry, jasa lingkungan dan wisata. , 7.Menasionalisasikan jagung, kopi dan porang hutan jawa sebagai komoditas nasional., 8. Mengembangkan kampung ternak di setiap LMDH sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi desa hutan, 9. Mengurus dan mengelola hutan jawa agar tetap ada terjaga kelestariannya untuk berkelanjutan Indonesia.

LMDH adalah organisasi atau kelompok sosial masyarakat di desa-desa sekitar kawasan hutan Perum Perhutani yang selama ini bermitra dan bekerjasama dengan Perum Perhutani dalam sistem Pengelolaan Hutan  Bersama Masyarakat.  anggota mereka mendapat manfaat dari sumberdaya hutan yang dikerjasamakan antara lain, bagi hasil kayu atau non-kayu, tanaman pangan hasil agroforestry dan manfaat lainnya untuk usaha produktif.(Kom-Pht/Byt/TDP)

Editor; DKR

Copyright©2016