Perhutani dan Pemkab Bondowoso Percantik Kawasan Kawah Wurung

SUARAPUBLIKNEWS.NET, BONDOWOSO (17/10/2016) | Bekerja sama dengan Perhutani KPH Bondowoso sebagai pemangku lahan di area Kawah Wurung, Pemkab Bondowoso akan terus membangun fasilitas dan beberapa wahana wisata di lokasi.

Hari Patriantono Kepala Dinas Pariwisata Olah Raga dan Perhubungan (Kadisparporahub) Pemkab Bondowoso, mengatakan bahwa pihaknya sedang dan akan terus membangun berbagai fasilitas penunjang di area sekitar kawah wurung.

“Sejak dilakukan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) dengan Perhutani, kami terus melakukan pembenahan, untuk awal kita bangun beberapa shelter, Gazebo dan pengadaan air bersih, karena nanti juga akan kami bangun wahana permainan anak, penyewaan ATP dan sepeda gunung,” ucapnya, (11/10/2016). “Untuk tahun 2016, anggaran APBD yang dialokasikan kesini baru 1 Miliar rupiah,” imbuhnya.

Menurutnya, sejak diberlakukan tiket masuk, jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawah wurung mulai bisa dikalkulasi. Dari bulan Januari hingga Oktober tahun 2016, totalnya sudah mencapai 12 ribuan.

Oleh karenanya Pemkab Bondowoso akan terus melakukan investasi di area kawah wurung, dengan harapan bisa semakin menarik dan meningkatkan jumlah pengunjung, karena akan berimbas kepada PAD Pemkab dan omset Perhutani sebagai mitra.

“Untuk menarik wisatawan, Pemkab Bondowoso telah memiliki event tahunan seperti Jazz Ijen, lomba para layang, night tride, dan beberapa agenda lainnya, dengan harapan bisa semakin meningkatkan jumlah pengunjung. Karena kami juga mempunyai beberapa destinasi wisata lainnya, yang salah satunya kawah wurung ini,” tambah Hari.

Sementara menurut Eni Handayani Kepala Seksi Sumber Daya Hutan KPH Bondowoso, untuk kebutuhan penginapan memang masih belum tersedia secara khusus, seperti hotel dan lain lain, namun wisatawan bisa menggunakan rumah penduduk sekitar sebagai home stay.

“Saat ini memang belum tersedia, tetapi wisatawan biasanya menggunakan rumah penduduk sekitar sebagai home stay, namun kedepan kami sudah ada rencana akan membangun kebutuhan itu sebagai sarana penunjangnya,” jelasnya.

 

Tanggal : 17 Oktober 2016

Sumber : suarapubliknews.net