Rini Minta BUMN Manfaatkan Penjualan Digital Blanja.com

ANTARANEWS.COM, JAKARTA (4/10/2016) | Menteri BUMN Rini Soemarno menggalang sinergi empat Bank BUMN, Mandiri, BRI, BNI dan BTN dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk guna membantu permodalan para usaha kecil menengah (UKM), sekaligus menempatkan hasil produk UKM pada Blanja.com.

Rini Soemarno di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa melakukan pertemuan dengan para Direktur Utama Bank BUMN, Direksi Telkom dan Direksi PNM, dengan agenda rapat “Pengembangan Ekonomi Digital BUMN”.

Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengatakan, dalam pertemuan itu dibahas soal penempatan produk-produk unggulan UKM yang merupakan mitra binaan BUMN di Blanja.com, yang merupakan platform e-commerce Telkomsel anak usaha Telkom.

Tidak hanya produk mitra binaan BUMN, tetapi juga produk-produk langsung dari BUMN yang bersangkutan.

Selain menyiapkan saran penjualan digital melalui e-commerce, Telkom juga menyediakan akses data, solusi bisnis dan pengembangan bisnis.

“Produk-produk BUMN sangat beragam dan berkualitas. Saya juga baru tahu ada BUMN yang menghasilkan budi daya madu, yaitu Perhutani. Perusahaan ini juga memproduksi air minum mineral dalam kemasan, produk hasil kayu,” ujar Alex.

Lebih lanjut dijelaskan produk-produk hasil BUMN bisa dimaksimalkan dengan memasarkannya secara elektronik melalui Blanja.com. “Saat ini produk-produk BUMN dan mitra binaan sudah ada di Blanja.com. Namun dengan kerja sama dan sinergi ini diharapkan volume penjualan bisa meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, Telkom sendiri memiliki hingga sekitar 4.000 mitra binaan, ditambah dengan mitra UKM Bank-Bank BUMN dan BUMN besar lainnya yang jika pasarnya dikembangkan maka akan memberi dampak positif terhadap perekonomian nasional.

“Jadi kami (Telkom) membantu dari sisi penyediaan teknologi informasi dan komunikasi (ICT), sedangkan Bank BUMN dari sisi pembiayaan pengembangan para UKM,” ujar Alex.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan sinergi ini dapat mendorong para UKM untuk lebih fokus dalam memproduksi barang sedangkan dalam hal pemasaran dapat dilakukan melalui e-commerce Blanja.com.

“E-commerce sudah disiapkan Telkom, jadi kami Bank BUMN memberikan modal kerja dan termasuk memfasilittasi sistem pembayaran digitalnya atau payment gateway-nya,” ujar Maryono.

Meski begitu ia tidak merinci lebih lanjut mekanisme kerja sama antar pihak tersebut, karena pembahasannya baru tahap awal dan akan dilanjutkan untuk mematangkannya.

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Tanggal : 4 Oktober 2016
Sumber : antaranews.com