Air Terjun Si Pitung, Wahana Baru Sport Tourism Batang

img20161116095659JATENGPOS.CO.ID (17/11/2016) | Munculnya sejumlah pembangunan kawasan industri yang berada di kawasan pesisir pantai utara wilayah Kabupaten Batang, Pemerintah Kabupaten Batang membuat terobosan memanfaatkan potensi wilayah terutama di lereng pegunungan Gunung Prau dijadikan sebagai sasaran destinasi wisata.

Salah satunya potensi destinasi wisata Air Terjun Si Pitung di Dukuh Mulyodadi Desa Jambangan Kecamatan Bawang ini. Meski belum begitu dikenal dan diketahui banyak orang, dengan dibukanya kawasan wisata baru ini keberadaannya akan menarik wisatawan lokal maupun luar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang, Nasikhin mengatakan potensi wisata Air Terjun Si Pitung dengan ketinggian hampir 35 meter ini juga memiliki berbagai potensi wisata lainnya diantaranya Bukit Tebing Batu, Curug Wanganwali, Pancuran Poncowati, Curug Si Komprayang, Bumi Perkemahan dan lainnya.

“Seperti Bukit Tebing Batu ini juga dijadikan sebagai wahana olahraga climbing (panjat Tebing) yang memiliki ketinggian yang bervariasi. Kawasan ini kedepan akan kita jadikan sebagai Sport Tourism,” katanya disela-sela melaunching potensi wisata Air Terjun Si Pitung, Rabu (16/11).

Menurutnya, berbagai potensi destinasi yang berada di lereng gunung Prau ini nantinya akan dijadikan sebagai sasaran tujuan utama wisata selain wisata pantai. Sebab, wisatawan sekarang lebih memilih suasana alami seperti daerah pegunungan ini.

“Kami sangat optimis, potensi destinasi ini bisa membawa dampak yang baik terhadap perekonomian masyarakat dan daerah. Peran masyarakat dan semua institusi terkait dan pemerintah setempat harus bisa bersama-sama mewujudkan ini semua,” tuturnya didampingi Kepala Dinas Pariwisata Batang, Bambang Supriyanto.

Dikatakan, pihaknya meminta kepada dinas terkait dalam hal ini dinas pariwisata Batang dan BPMPT Batang untuk segera berkoordinasi menyusun masterplan demi terciptanya tujuan wisata ini menjadi potensi wisata yang disukai banyak wisatawan.

Camat Bawang, Dwi Riyanto AP MM menyampaikan potensi destinasi wisata Air Terjun Sipitung berbeda dengan potensi wisata lainnya. Pasalnya, kawasan ini memiliki berbagai wahana yang sangat banyak.

“Akses jalur pendakian ke Gunung Prau juga bisa dilewati melalui jalan ini. Adanya basecamp dijadikan sebagai tempat posko pendakian dan ruang sekretariatan untuk menuju ke berbagai wahana wisata yang ada nantinya,” tuturnya dilokasi launching Air Terjun Si Pitung.

Untuk menuju ke kawasan potensi wisata Air Terjun Si Pitung tersebut, lanjut Camat Dwi, mulai start Alun-alun Bawang para wisatawan bisa menuju ke lokasi menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 3,5 kilometer sampai di Dukuh Mulyodadi Desa Jambangan.

“Sesampainya di dukuh tersebut, nantinya wisatawan untuk menuju ke Air terjun Si Pitung akan dihadapakan berbagai view (pemandangan) perbukitan dan tebing alam yang masih alami dengan berjalan kaki menempuh jarak 800 meter,” tandasnya.

Dalam acara launching Wahana Potensi Wisata Air Terjun Si Pitung tersebut, Sekda Batang, Asisten Pemerintahan Batang dra. Lani Dwi Rejeki MM, Kepala Dinas Pariwisata, Bappeda, Perhutani, BPMPT, dan Muspika Bawang sebelumnya juga melakukan penghijauan penanaman pohon disekitar lokasi dengan dibantu para mahasiswa KKN UNNES.

 

Sumber : jatengpos.co.id

Tanggal : 17 November 2016