Dirut Perhutani: Dukungan Pemda Jabar Optimalkan Hutan Wisata Perhutani

berita_324104_800x600_img_4845RRI.CO.ID (4/11/2016) | Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Mauna bertemu Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, di ruang kerja Sekda Gedung Sate Bandung, Kamis (3/10/2016) siang. Iwa mewakili Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang tengah ada tugas mendadak ke Jakarta.

Pertemuan membahas perubahan-perubahan yang tengah dilakukan manajemen Perum Perhutani, peran Perhutani bagi masyarakat dan dukungan masyarakat Jawa Barat untuk pelestarian sumberdaya hutan.

Denaldy M Mauna mengatakan, selaku Direktur Utama Perhutani dirinya memimpin langsung transformasi internal untuk menjadikan Perhutani lebih baik.

“Perhutani tentu saja mendapat dukungan Pemprov Jawa Barat untuk proses perubahan yang tengah berlangsung demi perbaikan perusahaan. Ini penting karena Pemprov dan masyarakat Jawa Barat adalah stakeholder penting bagi perusahaan,” kata Denaldy.

Sementara Iwa Karniwa menyatakan bahwa Pemrov Jawa Barat siap membantu Perhutani, terutama penyelesaian permasalahan tenurial.

“Pemprov Jabar siap membantu Perhutani atasi masalah tenurial, selain itu saya sarankan wisata Perhutani lebih dioptimalkan lagi,” tegas Iwa Karniwa.

Perum Perhutani mengelola 2,4 juta Ha lahan hutan di Jawa Madura, lebih kurang 25 persen kawasan hutannya ada di Provinsi Jawa Barat yaitu 599 ribu Ha, atau 17 persen dari luas wilayah Provinsi Jawa Barat.

Untuk wilayah Jawa Barat dan Banten, luas hutan Perhutani mencapai lebih kurang 676 ribu ha, terdiri dari hutan lindung dan hutan produksi.
Selain itu, dari 236 destinasi hutan wisata Perhutani, 72 destinasi ada di Provinsi Jawa Barat dan masuk wisata unggulan, seperti Kawah Putih, Curug Cilember dan Cikole Jayagiri.

 

Tanggal : 4 November 2016

Sumber : rri.co.id