Indonesia Pecahkan Rekor Guiness Book of Record

10902_600x600SUARABANYUURIP.COM (28/11/2016) | Penanaman 238 ribu batang pohon di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur hari ini berhasil memecahkan rekor dunia Guiness Book of Record. Tanam pohon serentak ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dalam rangka peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016.

“”Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, ayo kita menanam bersama-sama selama waktu satu jam ini,” kata Presiden Jokowi kemudian diikuti penanaman simbolik berupa pohon Jati di Tuban, Senin 28 November 2016.

Dari 238 ribu pohon yang ditanam, 200 ribu diantaranya bibit Kaliandra dan 38 ribu sisanya bibit Jati. Selain itu, sedikitnya melibatkan 5.500 petani setempat dalam waktu 60 menit. Jumlah ini telah melebihi rekor yang sebelumnya dipegang Filipina dengan menanam serentak 223.000 bibit pohon.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi turut menanam pohon berupa Jati. Begitu juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Pemberian rekor dunia ini diserahkan oleh Adjudicetor for Guinness Book of Record, Dangarikar Swapnil Mahesh, kepada Ketua Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh).

Sesuai Keputusan Presiden RI Bo.24 tahun 2008 ditetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Adapun tema peringatan ke-9 ini adalah “Pohon dan Hutan Rakyat, untuk Kehidupan, Kesejahteraan, dan Sumber Devisa Negara”.

Dalam keterangan pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dilakukan penanaman sebanyak 250.000 batang tanaman. Perum Perhutani menanam  ribu batang dengan jenis bibit jati pada lahannya seluas 23 hektare

Diketahui, turut hadir Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

Lainnya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, seluruh Bupati/Walikota se Jatim, Bupati, Walikota pemenang tanam pohon 2015, dan tamu undangam dari Malaysia. (Aim)

 

Sumber : suarabanyuurip.com

Tanggal : 28 November 2016