Inovasi Teknologi Jamin Ketahanan Pangan

SUARAKARYA.ID (2/11/2016) | Presiden Joko Widodo melakukan panen raya sekaligus meluncurkan jagung varietas unggul (VUB) tongkol ganda Nakula Sadewa (Nasa) 29.

Peluncuran varietas unggul yang mampu menghasilkan 13 ton/hektare, sekaligus menandai puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-36 yang diselenggarakan 28-30 Oktober 2016 di Boyolali.

Wagub Jateng Heru Sudjatmoko, , menyampaikan apresiasi atas telah terselenggaranya HPS ke-36 ini yang berjalan lancar. Untuk itu, ia berharap HPS di Boyolali dapat menjadi momentum bagi semua daerah untuk meningkatkan produksi dan kualitas pangan lokal yang sangat beragam.

“Dengan begitu, pangan lokal dapat memiliki nilai jual tinggi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hadir pada penutupan ini Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan), Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan dan jajaran SKPD bidang pertanian dari berbagai daerah.

Heru Sudjatmoko menyampaikan apresiasi atas kelancaran HPS ke-36. Dia berharap HPS di Boyolali dapat menjadi momentum bagi semua daerah untuk meningkatkan produksi dan kualitas pangan lokal yang sangat beragam.

Sementara, Kepala Badan Litbang Pertanian Kementan Muhammad Syakir selaku Ketua Panitia HPS 2016 menuturkan, dalam rangkaian HPS ini telah diserahkan penghargaan bagi para petani inovator, kelompok tani andalan, peneliti/penyuluh/perekayasa.

Dia berharap teknologi atau inovasi yang ditampilkan dalam HPS harus dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah dan dapat digunakan petani untuk meningkatkan produksi dan kualitas komoditas pangan.

“Upaya ini agar kita yaitu Indonesia dapat berdaulat pangan, sehingga tidak bergantung terus pada impor. Indonesia pun dapat meningkatkan kualitas pangan yang beragam,” tuturnya.

Pada kesempatan penutupan tersebut telah dilakukan pula serah terima tongkat estafet Panitia Pusat HPS ke-37 tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Propinsi Kalimantan Barat dari Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) kepada Badan Ketahanan Pangan (BKP) yang akan menjadi Ketua Panitia Pusat.

Selain itu, diumumkan pemenang juara lomba stand pameran yang dibagi dalam 3 kategori; Kategori Pemerintah dan Provinsi juara 1 Kementerian Pertanian, juara ke-2 FAO, juara 3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk Kategori Dinas Kabupaten/Kota Juara 1 Pemerintah Kabupaten Boyolali, Juara 2 KKP Kabupaten Pasuruan, dan Juara 3 Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. Sedangkan Kategori Swasta, Juara 1 Pupuk Indonesia, Juara 2 Perum Perhutani, dan Juara 3 PT Agri Makmur.

Rangkaian kegiatan Hari Pangan Sedunia ke-36 di Indonesia berpusat di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini resmi ditutup setelah menampilkan beragam kegiatan dan Ikon berupa Menara Jagung setinggi 15 meter dan menyedot sedikitnya 15.000 pengunjung setiap harinya.

 

Tanggal : 2 November 2016

Sumber : suarakarya.id