Komunitas Laskar Hijau Akan Tanam 15.000 Pohon Di Gunung Lamongan

yukSUARAJATIMPOST.COM (16/11/2016) | Salah satu komunitas peduli lingkungan bernama “Laskar Hijau” asal Desa Klakah Kecamatan Klakah Lumajang akan melakukan penghijauan terhadap Gunung Lemongan.
Penghijauan bertajuk Kenduri Pohon dengan jumlah tanaman mencapai 15.000 pohon ini akan diselenggarakan esok pada tanggal 29-20 November 2016.

A’ak Abdullah Al Kudus selah seorang penggagas kegiatan ini mengatakan, kegiatan semacam ini sudah merupakan kegiatan rutin dalam tiap tahunnya dan mendapat dukungan dari Pemkab Lumajang, Perhutani Divre Jawa Timur dan Mapala STIE Mahardika (Palasdika) Surabaya.

“Acara ini sudah menjadi ajang pertemuan tahunan para aktivis peduli lingkungan, kemudian untuk bibit saat ini ada sekitar 15.000 pohon terdiri dari berbagai macam jenis tanaman Bambu petung, Jambu, Klengkeng, Durian, Alpukat, Sirsak, Manecu, Trembesi dan Suren, itu diperoleh dari Laskar Hijau juga Pemkab Lumajang, Perhutani, dan Mapala STIE Mahardika Surabaya,” ujarnya, Rabu (16/11).

Masih kata A’ak, selain acara tanam pohon, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan sesarehan tentang Geopark dan Lingkungan dengan nenghadirkan narasumber.

“Akan dihadiri Eko Teguh Paripurno, Geolog dari UPTN Veteran Yogyakarta, hal ini ditujukan nanti agar menggugah semangat bersama utamanya warga untuk peduli lingkungan,” imbuhnya.

Kenduri pohon kali ini akan juga dilakukan launching Gunung Lemongan sebagai Geopark yang akan dilakukan oleh Mentri Pariwisata Republik Indonesia, hal ini didorong karena Gunung Lemongan ini memiliki karakter letusan kesamping, paling aktif sejak tahun 1779 hingga 1889 dan memiliki banyak ranu atau danau.

“Acara ini terbuka untuk umum mas, jadi bagi siapa saja yang akan hadir silahkan, ini akan digelar di Camping Gunung Lemongan Didesa Papringan Kecamatan Klakah Lumajang terlebih dengan membawa bibit serta alat tanam,” pungkas A’ak.

 

Sumber : suarajatimpost.com

Tanggal : 16 November 2016