Pasir Putih Situbondo Masuk Obyek Wisata Nasional

6-foto-open-awi-pasir-putih1HARIANBHIRAWA.CO.ID (7/11/2016) | Tahun 2016 ini Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, memproyeksikan objek wisata pantai Pasir Putih menjadi skala nasional. Lokasi Pasir Putih yang berada di jalur pantura yang memiliki lokasi sangat strategis perlu dikembangkan melalui berbagai wahana wisata.

Menurut Bupati Dadang Wigiarto, untuk pengembangan sektor wisata Pasir Putih, pihaknya sudah melakukan berbagai langkah serius, salah satu diantaranya melakukan MoU dengan Kantor Perhutani Jawa Timur, beberapa bulan lalu di Surabaya. “Kami baru baru ini sudah melakukan pertemuan dengan jajaran Direksi Perhutani, untuk membahas kelanjutan kerjasama pengembangan wana wisata di Pasir Putih,” tegas Bupati Dadang.

Dadang mengaku bahwa penandatanganan tersebut untuk mengembangkan objek wisata Pasir Putih ke lahan milik Perhutani yang notabene lokasinya bergandengan. Objek wisata pantai, ujar Bupati Dadang, selanjutnya akan berintegrasi dengan wisata alam. Saat ini kata Dadang, Pemkab masih menunggu langkah Direktur Pasir Putih, untuk menindak lanjuti secara teknis bentuk kerja sama dengan ADM Perhutani Bondowoso. “Kami sudah memerintahkan Direktur Papu untuk membahas tindak lanjut kerjasama itu,” ungkap Bupati Dadang.

Tidak hanya itu, sambung Bupati Dadang, pihaknya juga mengaku sudah mendatangi Kementerian Keuangan, untuk membantu pengembangan objek wisata Pasir Putih. Secara teknis, ujar dia, semuanya diserahkan ke Kementerian Keuangan.

Dadang mengakui mengembangkan objek wisata memang tidak mudah, harus mendapat dukungan masyarakat Situbondo. “Jika pengembangan objek wisata Pasir Putih sudah dilakukan, saya optimis wisata Pasir Putih akan jadi salah wisata nasional di Tanah Air. Setidaknya menjadi rujukan wisata regional masyarakat Jawa Timur,” terang Bupati dua periode itu.

Sementara itu Administratur KPH Perhutani Bondowoso Adi Winarno membenarkan jika lembaganya akan menggarap program kerjasama dengan Pemkab Situbondo perihal realisasi kawasan wisata Pasir Putih menjadi kawasan Wana Wisata.

Nantinya, kata mantan Administratur Banyuwangi Barat itu, kedua belah pihak antara Perusahaan Daerah pasir Putih denga Perhutani Bondowoso akan duduk bersama membahas tehnis dilapangan. “Kerjasama ini sangat prospektif untuk memajukan dunia wisata di Situbondo. Makanya kami sangat mendukung upaya kerjasama ini,” pungkas pria asli kelahiran Situbondo itu.

 

Tanggal : 7 November 2016

Sumber : harianbhirawa.co.id