Perhutani Ciamis Sumbang 550 Bibit Tanaman

01658588-bupatihmpiBULETININDONESIANEWS.COM (28/11/2016) | Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016 dengan tema “Pohon dan Hutan Rakyat Untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara” H. Nana mengatakan bahwa Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kabupaten Ciamis ikut serta dalam acara yang di gelar di Lapang Sepak Bola Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis, Senin (28/11/16).

Hal itu terbukti dengan memberikan bantuan bibit sebanyak 550 batang pohon yang berbeda jenis untuk di tanam di Area HMPI 2016.

Tanaman tersebut berupa bibit Pohon Durian sebanyak 100 batang, Pohon Rambutan 50 batang, Pohon Picung 5 batang, Pohon Sirsak 20 batang, Pohon Nangka 25 batang, Pohon Kesambi 350 batang.

“Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah yang pertama atas Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2008 tanggal 21 Oktober 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional. Yang kedua Peraturan Menteri Kehutanan RI No. 61/menhut:2011 tanggal 22 Agustus 2011 tentang Panduan Penanaman 1 Milyar Pohon”, ungkapnya.

Ia mengatakan, tujuan penanaman 1 Milyar pohon ini adalah untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor di musim hujan, mencegah terjadinya kekeringan dan kebakaran di musim kemarau, mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mengantisipasi dampak pemanasan global dan menumbuhkan pemahaman khusus kepada Generasi Muda atau Pelajar melalui menamam dan memelihara pohon sebagai bagian dari sikap/budaya hidup bangsa yang melekat pada kehidupan sehari-hari.

“Bulan Menanam Pohon Tingkat Kabupaten Ciamis ini untuk menjadikan seluruh potensi lahan menjadi hijau atau cukup vegetasi baik di dalam ataupun di luar kawasan hutan, sehingga mampu meningkatkan komoditas lingkungan baik secara ekologi atau nilai estetika sekaligus dalam meningkatkan ekonomi masyarakat”, jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin beserta jajaran Pemerintahan Kabupaten Ciamis, Forkopimda, Para Kepala SKPD, Para Camat serta para Petani dan Tokoh Masyarakat turut hadir.

 

Sumber : buletinindonesianews.com

Tanggal : 28 November 2016