Tanam Jagung Sukseskan Ketahanan Pangan Nasional

015909_514563_perum_perhutani_logoJURNAL DEPOK (14/11/2016) | Guna memberdayakan pemuda di bidang wirausaha. Karangtaruna Kampung Sugih-jaya RT 005 RW 003 Desa Sukasirna Kecamatan Leles Kabupaten Cianjur bekerjasama dengan Perhutani, LMDH Desa, Resort Polhut (RPH), Ciogong didukung penuh Karangtaruna Kecamatan Leles melaksanakan penanaman jagung hidra.

Ketua Karangtaruna Keca-matan Leles, Asep Sobandi menjelaskan, kondisi alam Leles sangat cocok untuk pengembangan jagung, karena Leles merupakan salah satu kecamatan berbasis pertanian. “Kini kita sedang mengembangkan sentra peternakan rakyat, hortikultura dan palawija. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produksi, dan ketahanan pangan. Selain itu, pemberdayaan pemuda,” kata dia.

Dia menerangkan, selain mendukung program pemerintah dalam mensukseskan ketahanan pangan, diharapkan kegiatan ini bisa menjadi percontohan bagi petani jagung lainnya di wilayah kecamatan lain.

“Dengan menggunakan bibit jagung unggul nantinya hasil bisa maksimal sehingga kesejahteraan petani meningkat dan ketersediaan pangan cukup,” imbuhnya.

Asob panggilan akrabnya menerangkan, diharapkan program ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian selain padi. Ke depan diharapkan pula Leles punya sarana pembibitan jagung, sehingga tidak perlu mengambil bibit dari luar lagi. “Itu juga akan membuat Leles menjadi kecamatan yang mandiri pangan,” imbuhnya.

 

Sumber : Jurnal Depok, hal. 8

Tanggal : 14 November 2016