2.000 Bibit Pohon Jati Ditanam di Lahan Perhutani

kecilSUARAMERDEKA.COM (21/12/2016) | Personel Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Gundih, Grobogan menanam 2.000 bibit pohon jati dan kesambi di petak 121E di lahan seluas 1,7 hektare di Desa Monggot, Kecamatan Geyer, Selasa (20/12). Penanaman tersebut melibatkan anak-anak TK Tunas Rimba KPH Gundih, wali murid dan masyarakat.

Pelibatan anak-anak tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman terkait lingkungan yang perlu dijaga. Adiministratur KPH Gundih, Gunawan Catur mengatakan, anakanak turut berperan dalam penanaman ini agar dibiasakan mengenal dan mencintai lingkungan sejak dini.

Upaya sederhana berupa menanam pohon akan memberikan pengetahuan bagi anak-anak untuk terus merawat lingkungan di masa mendatang. Di sisi lain, dengan menanam pohon, udara yang dihirup tetap bersih, ketersediaan air tanah tetap terjaga dan pohon dapat menjaga kita dari bencana banjir dan longsor. Selain itu, menanam pohon ini bertujuan untuk mengajari dan mengenal jenis pohon unggulan di Perhutani Divisi Regioanl Jawa Tengah. Kemudian mengenali cara menanam pohon yang benar dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya menanam pohon bagi kehidupan.

Kita ingin sejak dini mengajak anak-anak untuk tahu fungsi dan manfaat dari menanam pohon, sehingga tertanam dalam diri mereka untuk selalu melestarikan dan menjaga lingkungan sekitar mereka,” ujarnya. (H74-72)

 

Sumber : suaramerdeka.com

Tanggal : 21 Desember 2016