Curug Jenggala, Destinasi Wisata Desa Kalipagu

31curug-jenggalaSATELITNEWS.CO (9/12/2016) | Bagi Anda yang sudah bosan berwisata ke kota-kota besar dan bosan dengan polusi udara di perkotaan. Bisa datang ke sebuah objek wisata di Baturraden yang berada di Desa Kalipagu, Kecamatan Baturraden. Di desa yang akses jalannya cukup bagus ada sebuah air terjun yang diberi nama Curug Jenggala.

Sekretaris Tim Pengembangan Wisata, KPH Perhutani Wilayah Banyumas Timur, Sugito mengungkapan, lokasi Curug Jenggala berada di lahan milik Perhutani, di mana lokasi tersebut memiliki akses jalan yang cukup baik. Bukan hanya keindahan air terjun dan jernihnya air yang ada di sana, suasana sejuk dan spot-spot menarik untuk berfoto-foto juga ada di Curug Jenggala.

“Curug ini baru diresmikan pada Kamis (10/11, red) lalu. Di sini (Curug Jenggala, red), selain menikmati keindahan alam, dan air terjun yang bagus, juga ada selfie deck berbentuk hati yang sudah kami sediakan untuk pengunjung,” ujar Sugito.

Bagi Anda yang membawa kendaraan sendiri, jangan khawatir, walaupun belum disediakan lahan parkir yang luas, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di pelataran rumah warga. “Dari parkirkan biasanya pengunjung harus menempuh jarak sekitar 45 menit. Jangan khawatir mereka tidak akan merasa bosan karena banyak pemandangan bagus. Tetapi kalau pengunjung ingin membawa kendaraan roda duanya bisa sampai ke DAM Jepang,” kata dia.
Selain Curug Jenggala, pengunjung juga bisa datang ke lokasi Curug Pengantin. Lokasinya berada di atas Curug Jenggala.

Setiap harinya jumlah pengunjung di Curug Jenggala mencapai 100-200 orang. Namun, saat hari-hari libur pengunjung bisa mencapai 600 orang. “Untuk tiket masuk pengunjung, kami hanya menarik sebesar Rp 5 ribu, dan parir Rp 2 ribu. Kalau untuk parkir itu murni dikelola oleh penduduk setempat,” ujar Sugito.

Curug Jenggala merupakan wisata rintisan yang dikembangkan bersama antara Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat dengan sistem bagi hasil, 40 persen untuk Perhutani dan 60 persen untuk masyarakat.

Dari pantauan SatelitPost, Curug Jenggala menjadi viral di berbagai media sosial. Di mana para pengguna media sosial khususnya yang berdomisili di Banyumas, mulai memamerkan wisata alam di Baturraden tersebut. (san)

 

Sumber : satelitnews.co

Tanggal : 9 Desember 2016