Genbi Gaungkan Gerakan Bersih Indonesia

menanam-pohonSOLOPOS.COM (7/12/2016) | Komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Genbi (Generasi Baru Indonesia) wilayah Solo bakal menggelar acara sosial dengan tema lingkungan hidup. Komunitas yang beranggotakan 80 orang ini bakal menyasar dua tempat pada 17-18 Desember 2016 mendatang.

Tema besar dari acara ini adalah Bersih Indonesia. Khusus Genbi Solo menyasar dua kabupaten di Soloraya yakni di Boyolali dan Karanganyar. Untuk di Boyolali, acara dikonsep seperti desa binaan. Sementara di Karanganyar adalah melakukan penanaman pohon.

Ketua Koordinator Komisariat Genbi Solo, Medani Hakim, menyebut agenda ini masuk dalam program kerja komunitasnya di tahun ini. Acara ini tak hanya digelar di Solo, tapi juga digelar oleh 20 Genbi di kantor perwakilan wilayah BI lainnya.

“Jadi komunitas kami ada empat fokus program kerja yakni lingkungan hidup, kesehatan masyarakat, pendidikan, dan kewirausahaan. Untuk acara Bersih Indonesia sendiri masuk ke dalam kategori lingkungan hidup,” kata Dani saat berkunjung ke Griya Solopos, Rabu (7/12/2016).

Dani menerangkan untuk agenda di Boyolali bakal dilakukan oleh anggota Genbi yang berasal dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Agenda tersebut menyasar salah satu desa di Kecamatan Cepogo Boyolali. Di sana akan dilakukan pembuatan sumur yang berfungsi sebagai penyedia air bersih bagi masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, ada pula kegiatan pembuatan komposter. Dani menyebut lokasi yang dipilih adalah di dekat pasar. Sehingga banyak ditemui sampah yang bisa diolah untuk dimanfaatkan kembali. Selain itu, kemungkinan akan diadakan pula penyuluhan terkait pengolahan sampah untuk menjadi sebuah produk yang bernilai jual.

Sementara itu, acara penanaman pohon yang dilangsungkan di lereng Gunung Lawu akan diprakarsai oleh perwakilan Genbi dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Solo. Acara ini melakukan kerja sama dengan Perhutani untul pengadaan pohonnya.

“Ya, kurang lebih ada 500 hingga 1.000 pohon yang bakal ditanam,” tutur Dani.

 

Sumber : solopos.com

Tanggal : 7 Desember 2016