Menyingkap Misteri Sendang Coyo Grobogan, Keunikan Sendang yang Luar Biasa

sendang-coyo-maning1MURIANEWS.COM (20/12/2016) | Kalau dilihat sekilas, objek wisata Sendang Coyo yang berada di wilayah Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon, memang biasa-biasa saja. Namun, jika dicermati lebih lanjut, banyak keunikan yang terdapat di sekitar tempat wisata itu.

Salah satunya adalah masih terjaga keaslian lingkungan alam di sekitar sendang yang berada di kawasan hutan Perum Perhutani KPH Gundih. Tepatnya, di petak 21 E, BKPH Panunggalan, RPH Coyo.

Di sekitar lokasi wisata alam ini, masih terdapat banyak pohon berukuran besar dan menjulang tinggi. Jenis pohon rimba ini beraneka macam. Diperkirakan, usia pohon itu ada yang sudah mencapai 100 tahun.

“Pohon yang ada di sekitar sini diperkirakan sudah puluhan tahun dan bahkan ada yang seratusan tahun. Keberadaan pohon ini memang dipertahankan agar bisa menjaga sumber mata air Sendang Coyo biar tidak terhenti,” kata Endro, warga Mlowokarangtalun.

Adanya puluhan pohon besar ini menjadikan lokasi wisata terasa sejuk dan asri. Pohon besar itu juga dijadikan tempat berteduh dan bersantai bagi sebagian pengunjung.

Keunikan lainnya adalah sumber mata air sendang yang tidak pernah berhenti. Termasuk pada saat puncak musim kemarau panjang, sendang itu tetap terisi air.

“Selama ini, belum pernah sekalipun sendang ini kering. Saat kemarau panjang, sumbernya tetap mengalirkan air. Saya tahu persis karena sering kesini,” kata Suliyah, warga Kradenan.

Bagi warga Grobogan, selama ini selalu mengalami kesulitan air ketika kemarau datang. Dari 19 wilayah kecamatan, 10 kecamatan di antaranya mengalami kesulitan air saat kemarau sehingga butuh droping air dari Pemkab Grobogan.

“Bagi daerah lain, keberadaan sumber air seperti ini barangkali sesuatu yang biasa. Tetapi diwilayah Grobogan jadi hal yang istimewa dan sebuah karunia dari Sang Pencipta,” imbuhnya.

Satu hal lagi adalah kualitas air sendang yang dinilai istimewa. Bahkan, disebut-sebut mirip sumber air yang keluar dari sekitar gunung. Di mana, airnya rasanya terasa segar ketika dipakai membasuh muka atau mandi.

“Air Sendang Coyo ini sejuk sekali rasanya. Bahkan, saya sempat mencoba meminumnya. Rasanya mak nyes,” kata Ridwan, pengunjung lainnya.

 

Sumber : murianews.com

Tanggal : 20 Desember 2016