Paket Kidul Gunung Diluncurkan

28sm5l16bms-01-300x205SUARAMERDEKA.COM (5/12/2016) | Paket wisata Kidul Gunung diluncurkan oleh Forum Wisata Kidul Gunung Slamet, Minggu (4/12).

Paket petualangan ini digarap dengan kerja sama Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Perum Perhutani KPH Banyumas Timur, desa wisata di Kecamatan Baturraden, Kedungbanteng, dan Karanglewas, serta komunitas jeep dari Purwokerto.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas, Deskart Sotyo Jatmiko, mengatakan, peluncuran paket ini diharapkan menambah durasi tinggal wisatawan.

Mereka bisa menambah aktivitas dengan menjajal paket ini. “Makin banyak aktivitas, maka makin banyak pilihan dan tinggal lebih lama di Banyumas,” kata dia, kemarin.

Menikmati Air Terjun

Paket dengan menggunakan kendaraan jeep ini dimulai dari Lapangan Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden. Setelah itu, pengunjung diajak menikmati dua air terjun di Kecamatan Kedungbanteng dan Karanglewas, Curug Gomblang dan Curug Dadap.

Tidak berhenti di situ saja, rombongan diajak menuju ke Desa Sunyalangu Karanglewas di bagian akhir perjalanan. Mereka kembali disambut pengelola usaha wisata di desa tersebut. Di sela-sela presentasi, pengunjung diajak menikmati nasi lemeng dan jenang bumbung. Selain itu, mereka juga disuguhi pemandangan alam desa yang menarik.

Deskart berharap, paket tersebut dapat menarik minat wisatawan Nusantara dan mancanegara, sekaligus menjadi paket wisata alternatif di Baturraden. “Harga paket yang disepakati bersama komunitas jeep yaitu Rp 500.000. Nanti dievaluasi dari hasil testimoni per kunjungan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengemukakan, ide untuk menggarap aktivitas ini cukup menarik. Namun perlu dikembangkan lagi aktivitasnya. “Bisa ditambah dengan atraksi kesenian dan kegiatan lain,” kata dia saat memberikan sambutan. (K35-55)

 

Sumber : suaramerdeka.com

Tanggal : 5 Desember 2016