Perhutani Bondowoso Targetkan Hijaukan Lahan 175 Hektare

20160203rabu_3_februari_petugas_perhutani_kph_bondowosomeninjau___titik_longsordi_desa_campoankecamatanmelandingansitubondojawa___timurANTARAJATIM.COM (1/12/2016) | Administratur Perum Perhutani Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Bondowoso, Jawa Timur, Adi Winarno mengatakan pihakya pada tahun ini akan melakukan penghijauan seluas 175 hektare dengan tanaman pohon sengon dan tanaman lainnya.

“Program penghijauan memang setiap tahun dilakukan oleh Perhutani ketika sudah memasuki musim hujan dan pelaksanaan penanaman pohon tegakan ini akan kami lakukan diperkirakan pada pertengahan Desember 2016 di sejumlah titik,” ujarnya di Bondowoso, Kamis.

Ia menyebutkan ada beberapa titik atau lokasi di Kawasan Hutan di Bondowoso yang akan ditanam pohon tegakan dengan berbagai jenis tanaman, diantaranya Kawasan Hutan Kecamatan Tegalampel, Klabang, Curahdami, Sedangkan di Situbondo yakni Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

Penanaman bibit pohon tegakan, kata dia, nantinya juga akan melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Melibatkan LMDH karena sejak dari dulu saat melakukan penanaman (penghijauan) lembaga tersebut selalu dilibatkan dengan tujuan masyarakat turut membantu mulai penanaman hingga dapat menjaga kelestarian hutan,” katanya.

Ia menambahkan, selain penanaman pohon tegakan dilakukan oleh Perhutani juga telah menawarkan kerja sama kepada kelompok masyarakat atau lembaga-lembaga yang berbadan hukum.

“Dengan terjalinnya kerja sama tanam pohon tegakan seperti sengon yang bisa dipanen sekitar 5 tahun nantinya lembaga masyarakat yang berbadan hukum selain bisa membagi hasil juga masyarakat akan tahu pentingnya hutan dan manfaat hutan,” paparnya. (*)

 

Sumber : antarajatim.com

Tanggal : 1 Desember 2016