Perhutani Kelola Desa Wisata di Tengah Hutan

nr15lhutKRJOGJA.COM (15/12/2016) | Kepala KPH Kedu Selatan Ir Toni Suratno MM bersama Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM menandatangani memorandum of understanding (MoU), kerjasama pengelolaan wisata alam di tengah hutan puncak Gunung Kunir, Desa Benowo Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo.

“Kami memiliki kawasan hutan sekitar 44 ribu hektar. Di wilayah itu terdapat banyak potensi wisata alam yang belum tergarap,” kata Toni Suratno, Kamis (15/12).

Toni menjelaskan hutan KPH Kedu Selatan tersebar di wilayah Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Banjarnegara, Kebumen dan sebagian di Kabupaten Banyumas wilayah timur.

“Dari luasan wilayah hutan itu, di Purworejo terdapat sekitar 9.000 hektar dan tersebar di berbagai wilayah kecamatan,” jelasnya.

Dari luasan wilayah hutan Perhutani Purworejo itu, ada sekitar 30 persen wilayah yang memiliki potensi wisata. “Dari wilayah itu, yang sudah tergarap baru sekitar 10 persen,” tambahnya.

Desa Benowo menurut Agus Bastian memiliki potensi alam luar biasa untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Terutama Puncak Gunung Kunir. (Nar)

 

Sumber : krjogja.com

Tanggal : 15 Desember 2016