Perhutani Pelatihan Water Rescue dan SAR Sistem Di Pemalang

sarPEMALANG, PERHUTANI (6/12/2016) | Karyawan Perum Perhutani dari Pabrik Derivat, Gondorukem dan Terpentin (PDGT) Pemalang, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)terkait kebencanaan, Pramuka Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru.ikutserta pelatihan Water Rescue dan SAR System yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang di Pantai Widuri Pemalang, Senin (5/12).

Instruktur  berasal dari TNI AL dan SATPOLAIRUD dengan materi pelatihan  teknik pengoperasian perahu karet, menjalankan mesin tempel dan olah geraknya, serta fokus penanganan korban bencana alam.

Kepala BPBD Kabupaten Pemalang, Wismo menjelaskan bahwa upaya penanggulangan bencana membutuhkan keterlibatan masyarakat. Pelatihan SAR air ini untuk meningkatkan peran masyarakat dalam mengantisipasi bencana longsor, banjir, maupun pohon tumbang di saat musim penghujan.

Sementara Asisten Manager Health Safety & Equipment (HSE) PDGT, Yupiter Adi Parwayoga yang ikutserta pelatihan mengatakan bahwa selain meningkatkan kompetensi SDM Perhutani dalam penanganan bencana, kegiatan ini merupakan  sinergi Perhutani dengan BPBD.

Bidang HSE di PDGT Perum Perhutani Pemalang pernah beberapa kali menjadi narasumber dan lokasi benchmark untuk kegiatan pelatihan sertifikasi ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di wilayah Pemalang. (Kom-PHT/Kanpus/Tis)

Editor: soe
Copyright©2016