Perhutani Pertajam Bisnis Wisata Alam

cilember3METROTVNEWS.COM (26/12/2016) | Wisata alam diprediksa bakal dilirik masyarakat di musim liburan natal dan tahun baru. Perum Perhutani yang mengelola hutan wisata berniat mempertajam taringnya dalam bisnis ini.

“Perhutani memiliki 122 lokasi wisata di kawasan hutan yang sumbangannya hanya satu persen dari total pendapatan Perhutani,” kata Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna di sela kunjungan ke Curug Tujuh Cilember, Curug Citamiang, dan Curug Cipamingkis di kawasan hutan Perhutani Puncak Bogor, Jawa Barat Minggu (25/12/2016).

Menurut dia, hal ini berbeda dengan kondisi di negara-negara Nordic misalnya. Wisata alam bisa memberikan sumbangan 10 sampai 45 persen pendapatan kepada perusahaan.

Denaldy pun mengakui masih banyak hal yang perlu dibenahi Perhutani untuk mengejar ketertinggalan ini. Salah satu yang akan dipoles, yakni, dari segi sumber daya manusia.

Dalam musim liburan ini, Denaldy memanfaatkannya dengan inspeksi mendadak lokasi wisata Perhutani. Site Manager Curug Cilember Isal Putrajaya pun kaget karena tidak ada informasi protokoler tentang kunjungan tersebut.

“Saya ingin memastikan saja bahwa kita memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung,” jelas dia.

Kunjungan orang nomor satu Perhutani ke beberapa lokasi wisata tersebut diharapkan akan mempercepat perbaikan pelayanan, memperbaiki proses kerja internal. Dengan begitu, ke depan pelanggan loyal wisata Perhutani semakin meningkat. (OGI)

 

Sumber : metrotvnews.com

Tanggal : 26 Desember 2016