Ribuan Pengunjung Padati Cipanas Galunggung

cipanas_20161227_111613TRIBUNNEWS.COM (27/12/2016) | Tak ada tempat wisata terdekat yang menantang, warga Kota Tasikmalaya memilih menyerbu obyek wisata Cipanas Galunggung mengisi liburan, Senin (26/12/2016). Ratusan warga tumpah ruah, memadati sejumlah titik wisata yang ada di sekitar Cipanas.

“Salah satu obyek wisata terdekat dan cukup menantang di Tasikmalaya adalah Cipanas. Kami membawa anak-anak liburan di sini,” kata Asep Juhariyono, salah seorang wisatawan, warga Jalan Buninagara, Kota Tasikmalaya, saat ditemui di salah satu kolam air panas.

Asep bersama istri dan kedua anaknya tengah menikmati hangatnya air kolam renang milik Pemkab Tasikmalaya. Di situ tersedia kolam khusus anak-anak serta dewasa, yang dipisahkan oleh sebuah tembok. Panas terik matahari bukan halangan, karena area kolam diteduhi kanopi.

Obyek wisata Cipanas Galunggung sendiri dibagi dua pengelolaan, yaitu di bagian depan oleh Pemkab Tasikmalaya dan bagian belakang oleh Perum Perhutani. Kawasan wisata milik Pemkab terdiri dari tiga lokasi kolam renang serta sejumlah kamar tertutup khusus berendam.

Sedangkan yang dikelola Perhutani, selain ada kolam renang juga tempat berendam di sungai kecil, rest area serta sebuah jeram air panas. “Lokasi Cipanas cukup nyaman serta aman, sehingga banyak warga yang liburan ke sini. Kulinernya pun hampir lengkap. Mulai dari beragam menu makan hingga makanan dan minuman ringan juga lengkap,” ujar Asep.

Bagi wisatawan yang membutuhkan tantangan, bisa mengunjungi lokasi kawah Gunung Galunggung. Dari lokasi tiket masuk berjarak sekitar 4 km dengan mendaki menggunakan sepeda motor maupun kendaraan roda empat. Namun kondisi kendaraan harus fit agar kuat menanjak.

Kawah Galunggung akan menyuguhkan pemandangan spektakuler, berupa cekungan raksasa dimana di bawahnya terdapat telaga yang ditengahnya terdapat kaldera yang kini berubah menjadi pulau kecil. Namun untuk bisa mencapai kawah, mesti meniti anak tangga sekitar 600 titian. Tapi rasa lelah meniti akan terbayar lunas setelah melihat keindahan panorama kawah. (stf)

 

Sumber : tribunnews.com

Tanggal : 27 Desember 2016