Air Terjun Jurang Senggani Menyajikan Sejuknya Air Gunung Wilis

TIMESINDONESIA.CO.ID (6/3/2017) | Banyak potensi wisata yang dapat dikunjungi di Kabupaten Tulungagung. Setelah memperkenalkan potensi wisata pantai sanggar, kini Pemkab Tulungagung mengajak berwisata ke air terjun.

Bernama air terjun Jurang Senggani, air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang terletak di lereng gunung wilis, tepatnya berada di Desa Nglurup Kecamatan Sendang.

Untuk mengunjungi tempat ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua, dengan jarak tempuh dari pusat kota Tulungagung selama kurang lebih 45 menit.

Kawasan ini sudah dikelola oleh Pokdarwis setempat dengan menggandeng perhutani BKPH Tulungagung, sebab kawasan ini merupakan kawasan milik Perhutani.

Air terjun jurang senggani menyajikan indah dan hijaunya hutan pinus yang masih terjaga dengan baik. Air terjun ini terletak di tengah hutan gunung wilis, sehingga kondisinya sangat alami dengan air yang bersih dan jernih karena berasal langsung dari sumber mata air pegunungan dengan debit air yg cukup besar.

Untuk menuju ke sana pengunjung dapat berjalan kaki ataupun naik motor trail. Bila berjalan kaki dapat ditempuh selamat 1,5 jam perjalanan.

Kawasan wisata ini merupakan wisata minat khusus bagi para petualang, sebab perjalanan jauh yang melelahkan. Untuk menuju ke sana pengunjung dapat meminta anggota pokdarwis yang berjaga di sana untuk memandu.

Namun perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan melihat indahnya pesona Air Terjun Jurang Senggani Lereng Gunung Wilis.

Saat ini sudah tersedia wahana baru yaitu flying fox di bumi perkemahan jurang senggani.

Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp5.000 pengunjung dapat memompa adrenalin dengan mencoba melayang diantara pohon pinus.

Disamping flaying fox juga ada rumah pohon sehingga wisatawan dapat menikmati indahnya hutan pinus dari atas ketinggian.

Di lokasi ini juga disediakan lahan untuk berkemah, jadi wisatawan dapat merasakan sensasi tidur di tengah hutan pinus yang sejuk. (*)

 

Sumber: timesindonesia.co.id

Tanggal: 6 Maret 2017