Mudahkan Pasokan, Kementan Siapkan Lahan di Kawasan Penyangga Ibu Kota

MEDIAINDONESIA.COM (9/5/2017) | PEMERINTAH dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan lahan sebanyak 200 hektare (ha)-300 ha di daerah penyangga Jabodetabek guna membantu suplai bahan kebutuhan pokok di ibu kota dan daerah sekitarnya. Selain lahan, guna mendukung produksi pertanian pun Kementan menyalurkan ratusan Alat dan Mesin Pertanian.

“Untuk penyangga Jabodetabek, Banten, dan beberap di Jawa Barat seperti Sukabumi, Karawang, Subang, itu menyangga Jakarta, kami menyiapkan benih dan alsintan (alat dan mesin pertanian) juga lahan,”ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai Rapat Kordinasi Gabungan di Kantor Badan Litbang Pertanian di Jakarta, Selasa (9/5).

Guna mempersiapkan lahan sebesar 200 ha- 300 ha untuk lahan pertanian di kawasan penyangga Jabodetabek ini lanjut Amran, pihaknya sudah bersinergi dengan beberapa pihak guna mendukung program ini.

“Sudah sinergi dengan kementerian kehutanan, BUMN, Mendag dan Mentan. Kami menyiapkan benih dan alsintan, kemudian perhutani untuk hutan yang merupakan bagian dari BUMN , bantuan penganggaran untuk pinjaman kredit Kredit Usaha Rakyat bagi petani dari BRI, Mandiri, BNI dan BTN,” papar Amran.

Alasan penyiapan lahan pertanian di kawasan penyangga ibu kota ini kata Amran, selain memudahkan pasokan ke Jabodetabek juga akan menghemat biaya.

“Biaya transportanya murah, agro climate-nya cocok,” ungkap Amran.

Selain lahan, Kementan menyiapkan alat dan mesin pertanian. “Alsintan 600-700 unit. Diabagi secara proporsional. Tergantung luasan daerah masing masing,”ujarnya.

Terdapat 10 kabupaten yang ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jabodetabek adalah Serang,lebak, Pandeglamg, Sukabumi, Lampung selatan, Lampung timur, Cianjur, Purwakarta, Subang dan Karawang.

Amran meminta keseriusan dari seluruh kabupaten yang ditunjuk untuk menangani kebutuhan pangan Jabodetabek. Apabila Jagung berhasil memenuhi kebutuhan kota besar, komoditas lain seperti cabai, bawang merah, bawang putih dan lainya diharapkan dapat menyusul.

Sumber : mediaindonesia.com

Tanggal : 9 Mei 2017