Pangarmatim Dukung Perhutani Terapkan Perhutanan Sosial Di Jawa Timur

Dok. Kom-PHT/Divrejatim @copyright2017

SURABAYA, PERHUTANI (7/5/2017) | Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M. Mauna mendapat dukungan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksmana Muda TNI Darwanto untuk menerapkan program Ketahanan Pangan dan Perhutanan Sosial (PS)  di wilayah Gading, Boto, dan Gending Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo.

Hal ini disampaikan Denaldy sesaat setelah mengadakan pertemuan dengan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksmana Muda TNI Darwanto di Kantor Pangarmatin, Surabaya, pada  Jum’at (5/5/2017).

Pangarmatim Laksmana Muda TNI Darwanto mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program-program pemerintah seperti Ketahanan Pangan, Ketahanan Sosial, dan Ketahanan Energi, contohnya mereka membuat keramba, pelatihan / kursus untuk masyarakat dengan menggandeng pihak swasta (perusahaan), budi daya ikan, tomat, cabe, terong, padi dan mengembangkan sapi lokal. Masyarakat dikerahkan untuk menanam tanaman pangan dan perlu dibantu pemasarannya agar program berjalan baik. 

Pihak Pangarmatim juga mengakui bahwa lokasi Perhutanan Sosial di daerah Gending saat ini dikelola oleh TNI Angakatan Laut dan akan dikerjasamakan dengan Perhutani dan melibatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Perhutani memiliki lahan hutan seluas 2,4 juta hektar, dan masih dapat dioptimalkan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekaligus mendukung ketahanan pangan. Kami tengah siapkan beberapa lokasi pilot project Perhutanan Sosial sejalan dengan program pemerintah,” demikian Denaldy. (Kom-PHT/DivreJatim/AW)

Editor: Soe

Copyright©2017