Tekan Harga Sembako Jelang Ramadan, Pemkab Pandeglang Gelar Pasar Tani

RRI.CO.ID (21/5/2017) | Menjelang bulan suci Ramadan 1438 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pertanian menggelar kegiatan Pasar Tani di lahan pusat kuliner Perum Perhutani Pandeglang, Minggu (21/5/2017).

Event Pasar Tani ini di ikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bulog, Bank Indonesia serta Kelompok Tani (Poktan) dari 9 Kecamatan diantaranya Majasari, Panimbang, Pandeglang Cipeucang, Mekarjaya, Jiput, Cimanuk, Banjar, dan Mandalawangi. Masing-masing dari peserta diberikan kesempatan menjajakan produk unggulan kelompoknya mulai dari buah-buahan, sayuran, beras, hingga daging ayam.

“Masyarakat memang respon semua, karena memang harga disini (Pasar tani-Red) di bawah pasar,” ucap Kabid Horti Kultura, Distan Pandeglang, Heni Supiani disela-sela kegiatan.

Menurut Heni, Kabupaten Pandeglang sangat memerlukan Pasar Tani untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Pasalnya, melalu Pasar Tani diyakini dapat memutus mata rantai distribusi yang panjang, yang kerap membuat barga bahan pokok mengalami kenaikkan. Dan di Pasar Tani ini, konsumen akan mendapat harga yang lebih murah dibanding harga di pasar manapun dan jelas saja lebih segar.

“Kami berkeinginan setiap bulan Kabupaten Pandeglang rutin mengadakan Pasar Tani ini yang mudah-mudahan harganya bisa terjangkau oleh masyarakat, karena yang di jajakan di sini langsung dari petani,” paparnya

Salah seorang pengurus Poktan Kecamatan Majasari, Ida berharap agar Pasar Tani ini bisa membantu Poktan dalam menjajakan hasil pertaniannya. Ia juga berharap event seperti ini selalu di adakan oleh Pemkab Pandeglang.

“Yang kami jual disini seharga yang kami jual ke tengkulak, mudah-mudahan konsumen dapat menikmati harga yang lebih murah,” kata Wakil Ketua Sekar Tani Itu.

Sumber : rri.co.id
Tanggal : 21 Mei 2017