Dirut Perhutani Siapkan Lokasi Perhutanan Sosial di Bandung Selatan

Dok.Kom-PHT/ Kanpus ©2017

JAKARTA, PERHUTANI (19/7/2017) | Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna dampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar melakukan kunjungan kerja ke lokasi agroforestry tanaman kopi dan pinus sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bukit Monteng di petak 54, RPH Mandalawangi, BKPH Ciparay, KPH Bandung Selatan, pada Selasa (18/7/2017).

Menurut Denaldy, kunjungan bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut dalam rangka menyiapkan lokasi Perhutanan Sosial seluas 1.888 Ha di kawasan hutan lindung Gunung Rakutak, Perhutani Bandung Selatan yang rencananya akan diberikan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) blok Gunung Rakutak oleh pemerintah kepada masyarakat.
Saat ini 808 orang  masyarakat dari desa Ibun, Neglasari, Nagrak, Dukuh, Cikawao, Sukarame, dan Mandalahaji Kecamatan Ibun dan Pacet telah menggarap lahan hutan tersebut.
Menurut Siti Nurbaya, untuk lokasi PHBM sudah bagus, diharapkan ke depan bisa tetap dilanjutkan sedangkan untuk IPHPS akan diarahkan ke lokasi blok Rakutak tersebut.
Data luasan perhutanan sosial di pulau Jawa mulai dari Banten, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur total luasan mencapai 1.127.073 Ha. (Kom-PHT/PR/2017-VI-32)

Artikel Terkait: