Dirut Perhutani Siapkan Lokasi Perhutanan Sosial di Probolinggo

Dok.Kom-PHT/ Kanpus ©2017

JAKARTA, PERHUTANI (23/7/2017) | Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna mendampingi kunjungan kerja Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar ke lokasi Perhutanan Sosial petak 1a RPH Kaliacar, BKPH Kraksaan, KPH Probolinggo Desa Brani Wetan Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Minggu (23/7).

Menurut Denaldy M Mauna, Probolinggo merupakan salah satu lokasi pilot project Perhutanan Sosial yang dijalankan pemerintah sebagai bagian dari reforma agraria.
“Pilot Project Perhutanan Sosial akan dikembangkan di lahan hutan Perhutani KPH Probolinggo seluas 1.500 ha, selain di lokasi lainnya. Perhutani akan mendukung penuh program Perhutanan Sosial sekaligus pengelolaannya,” kata Denaldy.
Sementara, Siti Nurbaya Bakar menyampaikan agar perhutanan sosial dikelola dengan baik bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).
“Lahan garapan tersebut jangan diperjualbelikan. Ada denyut ekonomi agar dalam pengelolaannya mendapatkan hasil yang maksimal dengan sistem bagi hasil atau sharing masyarakat dan Perhutani”, demikian Siti Nurbaya.
Dalam kunjungan kerja tersebut Menteri LHK berdialog langsung dengan perwakilan 10 LMDH yang hadir dalam dialog tersebut, yaitu LMDH Sumber Rejeki, Rimba Lestari, Alam Subur, Tani Makmur, Ranu Makmur, Bumi Asri, Alas Subur, Wana Makmur, Sumber Puring, dan Tunas Harapan. (Kom-PHT/PR/2017-VI-33)

Artikel Terkait: