Menuju Goa Sriti Destinasi Wisata Baru di Wonosalam

POJOKPITU.COM (19/7/2017) | Warga di daerah mulai sadar untuk melakukan pengelolaan wisata. Termasuk kawasan wisata alam di Wonosalam Jombang, sejak munculnya goa baru yang diberi nama goa sriti.

Goa Sriti ditemukan warga ini berada di Lembah Pegunungan Anjasmoro, Dusun Sidolegi Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam. Untuk menuju lokasi, warga telah membuat jalan setapak. Jalan miring menyerupai tangga dibuat untuk memudahkan akses menuju pintu masuk goa.

Untuk mencapai goa, membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari lokasi parkir kendaraan. Usai menempuh jalan yang cukup terjal dan menantang, akhirnya pengunjung bisa melihat pemandangan mulut goa yang cukup besar. Posisi mulut goa yang berada di tebing semakin menampakkan pemandangan alam yang mempesona.

Apalagi saat di dalam goa terdapat ruang-ruang yang kedalamannya belum pernah dijamah manusia. Sarang burung sriti membuat lokasi ini semakin menarik, hingga warga menjulukinya Goa Sriti.

Di dalam goa ini juga terdapat dua ruang khusus untuk semedi, tampak ada bekas pembakaran dupa dan kemenyan.

Dadang pengelola wisata alam ini mengatakan Goa Sriti yang berada di dalam area hutan milik Perhutani ini telah puluhan tahun keberadaannya diketahui warga sekitar. Namun tidak ada jalan menuju goa dan mulut goa tertutup rerumputan. Sehingga warga enggan untuk mengelolanya.

Baru satu bulan ini warga memberanikan diri untuk untuk membongkar semak yang menutup mulut goa dan membuatkan jalur. Hingga akhirnya bisa menjadi alternatif wisata baru di kawasan Wonosalam.

Wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata goa sriti tidak dipungut biaya, selain jasa parkir Rp 5 ribu untuk sepeda motor. Selain melihat kekayaan alam berupa goa, pengunjung bisa menikmati sejumlah wahana untuk berfoto yang disediakan di sekitar lapangan parkir.

Sumber : pojokpitu.com

Tanggal : 19 Juli 2017