Pemkab Malang Siap Kembangkan ‘Surga’ di Tengah Hutan Pinus

BERITAJATIM.COM (18/7/2017) | Meski baru dibuka untuk umum sejak dua bulan, tercatat 5000 wisatawan mengunjungi Obyek Wisata Kampung Enem (Wiken). Lokasi wisata berupa hutan pinus dengan rumah pohon ini, masuk Desa Patokpicis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Lokasi Wiken sendiri, masuk kawasan Perhutani Malang pada Petak 63B. Ada ribuan pohon pinus yang tumbuh di lahan puluhan hektar. Bupati Malang Rendra Kresna, dalam kegiatan Bina Desa di tempat itu, Selasa (18/7/2017), memuji upaya warga Patokpicis dalam menggiatkan lokasi wisata Wiken yang mulai dilirik wisatawan itu.

Menurut Rendra, warga desa telah melahirkan destinasi wisata baru. Meski berada di lahan Perhutani, warga berhasil menciptakan sebuah tempat yang asyik dan indah untuk dikunjungi. Salah satunya, dengan keberadaan rumah kayu sebagai ikon dan spot fotografi bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara menambahkan, dengan ditemukannya wisata alam baru ini, selain sudah masuk taraf pembinaan, pihaknya juga siap mengembangkan. Adapun jumlah total pariwisata saat ini sebanyak 150 titik. Rincinya adalah, 76 titik dalam pengelolaan Perhutani, dan sisanya dikelola Pemkab Malang.

Terkait pengembangan pariwisata ke depannya, Disbudpar akan memetakan lebih detail lagi. “Konsep Wiken ini hasil temuan masyarakat maupun kalangan komunitas pencinta alam. Dari hasil temuan itu, manakala ia anggap menarik dan layak untuk dikembangkan, selanjutnya dilaporkan kepada kami,” ujar Made.

Ia membeberkan, soal sarana maupun prasarana di lokasi Wiken, pihaknya sudah koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Dinas Bina Marga. Terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, Jajuk Rendra Kresna mengatakan, Wisata Kampung Enem merupakan primadona baru dari Desa Patokpicis. “Ini primadonan wisata baru dari Desa Patokpicis. Namanya Wiken, Kabupaten Malang memang gudangnya tempat pariwisata alam eksotik,” ujar istri Bupati Malang itu.

Masih kata Jajuk, tak heran jika tagline yang diusung Kabupaten Malang adalah ‘The Heart Of East Java’. Pihaknya juga siap mengembangkan pendidikan berbasis wisata. Ia menambahkan, sejauh ini angka kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia belum sesuai yang diharapkan.

Hal ini kontras dengan pesona pariwisata di Indonesia yang unggul di kawasan Asia Tenggara. “Kita patut bersyukur dengan kondisi wilayah strategis Kabupaten Malang yang dikelilingi pegunungan dengan menampakkan bentangan alam yang eksotis. Seperti halnya wisata baru Kampung Enem ini. Kabupaten Malang bisa dikatakan ‘Surga Wisata’di Jawa Timur,” ucapnya.

Seperti diketahui, Wisata Kampung Enem (Wiken), dulunya hanyalah sebuah kampung biasa dengan luas 8 hektar dan hanya dihuni enam atau enem (6) kepala keluarga. Seiring laju waktu, lokasi tersebut berubah menjadi daerah wisata baru di Kabupaten Malang. Terdapat 6 rumah pohon diantara deretan tanaman pinus.

Selain menikmati sensasi berada di rumah pohon, pengunjung juga bisa berswafoto. Tarif masuk ditempat ini cukup murah. Pengunjung hanya dikenakan membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk pengendara motor dan Rp 10 ribu untuk pengendara roda empat. Fasilitas sementara adalah toilet berikut tempat ibadah seperti musala dan lapak pedagang makanan serta souvenir.

Sumber : beritajatim.com

Tanggal : 18 Juli 2017