Jaga Kelestarian Hutan Polres Bojonegoro MoU dengan Perhutani

JATIMPOS.CO (20/9/2017) | Polres Bojonegoro melakukan Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dan pedoman kerja dengan Adm Perhutani KPH Bojonegoro, KPH Padangan, dan KPH Parengan tentang penanganan Karhutla dan Pembalakan liar, di Aula Parama Satwika Polres Bojonegoro, Selasa (19/09/2017).

Penandatanganan MoU antara Polres Bojonegoro dengan Administratur Perum Perhutani KPH Bojonegoro, KPH Padangan, dan KPH Parengan dilaksanakan setelah Polres Bojonegoro melakukan Penandatanganan MoU dengan Dinas Instansi terkait dan Organisasi Kemasyarakatan di Aula Parama Satwika Polres Bojonegoro.

Daniel Budi Cahyono, Adm Perhutani KPH Bojonegoro dalam sambutannya menerangkan bahwa penandatanganan MoU itu merupakan penjabaran terkait penandatanganan pedoman kerja di tingkat Mabes dan Polda.

Disampaikan oleh Daniel, bahwa 40% wilayah hutan tidak akan mampu bertahan lama jika tidak ada dukungan dari seluruh elemen untuk menjaga hutan.

“Mari Jaga hutan kita, karena satu Pohon menyelamatkan dua nyawa,” kata Daniel.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro, dalam sambutannya menyampaikan akan mendukung dan bekerjasama dengan Perhutani dalam rangka mengantisipasi pembalakan liar yang ada di wilayah Perhutani Bojonegoro. Kapolres meminta agar para Kapolsek dan anggota menindak lanjuti dan mempedomani Pedoman Kerja yang telah disusun dan dibuat.

“Harapan saya upaya bersama untuk penegakkan hukum dalam mengatasi kejahatan masalah illegal logging terutama soal pembakaran hutan perlu ditangani serius. Ancaman terhadap kelestarian hutan juga merupakan ancaman yang serius terhadap keseimbangan alam bagi kita,” papar Kapolres kepada jatimpos.co usai penandatangan MoU.

Wahyu S. Bintoro juga meminta kepada para Kapolsek yang mempunyai kawasan hutan untuk selalu siaga satu mewaspadai dan mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan.

“Laksanakan pelatihan, patroli bersama antara Polres dengan Perhutani. Apabila terjadi kebakaran, kita harus bekerja bersama membantu Polhut dalam memadamkan hutan yang terbakar,” Pesan AKBP Wahyu S Bintoro kepada para Kapolsek dan pejabat Perhutani yang turut hadir menyaksikan moment penandatanganan MoU itu.

Sumber : jatimpos.co

Tanggal : 20 September 2017