Sinergi Perhutani dan Masyarakat Atasi Kebakaran Hutan Di Tuban

Dok.Kom-PHT/ Kanpus ©2017

TUBAN, PERHUTANI (3/10/2017) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban, masyarakat Desa Brengkok Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan dibantu aparat Kepolisian setempat dan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Tuban.berhasil menangani kebakaran hutan seluas 0,5 ha di petak 39 e RPH Pambon, BKPH Jompong, KPH Tuban, pada Sabtu (30/9).

Wakil Administratur Perhutani KPH Tuban Wilayah Timur, Wawan Gunawan mengatakan bahwa Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KPH Tuban sudah terbentuk untuk menangani kejadian seperti ini.
“Petak hutan tersebut tanamannya Jati Plus Perhutani (JPP) tahun tanam 2010 dengan tegakan sangat baik dan kerapatan bawah yang rimbun. Musim kemarau lantai hutan selalu ditutupi oleh seresah dan rumput kering sehingga mudah terjadi kebakaran. Kami siaga mencegah dan menangani kebakaran hutan dengan melakukan kegiatan patroli dan apel siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (dalkarhutla) melibatkan Muspida, Muspika, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat desa hutan khususnya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)”, demikian Wawan(Kom-Pht/Kanpus/Ish)

Editor: Soe

Copyright©2017