Gerakan Serentak, Perhutani Jatim Tanam 11,5 Juta Bibit

SURABAYA, PERHUTANI (13/12/2017) | Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Sangudi Muhammad, melakukan starting penanaman serentak tahun 2017 untuk wilayah Divisi Regional Jawa Timur yang dikomando dari petak 126a Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Purwo, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Blambangan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan, Rabu (13/12).

Gerakan serentak penanaman 11,5 juta pohon tahun 2017 termasuk sulaman tanaman tahun 2016 di wilayah Divisi Regional Jawa Timur tersebar di 23 KPH, termasuk di KPH Banyuwangi Selatan dengan Tema “Menanam Pohon Menyelamatkan Alam” merupakan bentuk dukungan Perum Perhutani pada Hari Menanam Indonesia yang ditetapkan di bulan Desember ini.

Sangudi Muhammad menjelaskan bahwa luas areal tanam Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur pada tahun 2017 adalah 16.079,5 hektar dengan jumlah bibit yang ditanam mencapai 11.5 juta plances terdiri dari beberapa jenis tanaman kehutanan yaitu : Jati Plus Perhutani, Pinus, Sengon, Mahoni, Kayu Putih, dan jenis Rimba lainnya. Penanaman merupakan agenda tahunan Perhutani sebagai salah satu kegiatan pengelolaan hutan sesuai amanat Pemerintah dalam PP Nomor 72 tahun 2010, serta merupakan kegiatan yang berfungsi untuk merehabilitasi, fungsi perlindungan dan fungsi ekonomi.

“Kegiatan Perum Perhutani tidak dapat dilepaskan dari keterlibatan masyarakat sekitar hutan yang tergabung dalam LMDH melalui program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat. Dengan demikian pengelolaan hutan yang meliputi aspek ekologi, ekonomi dan sosial dapat berjalan secara seimbang dan berimplikasi pada kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat”, tutup Sangudi.  (Kom-PHT/Divre Jatim/Paf)

Editor : Hry

Copyright©2017