Perhutani Berikan 3,5 M Dana Sharing ke 68 LMDH

SEMARANG, PERHUTANI (17/1/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, KPH Cepu, KPH Randublatung, KPH Mantingan, KPH Kebonharjo dan KPH Ngawi menyerahkan dana sharing produksi kayu dan non kayu sebesar Rp 3,5 miliar kepada 68 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang ada di wilayah kerjanya, Selasa (16/1).

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora kepada perwakilan LMDH dari masing-masing KPH. Hadir dan mendampingi penyerahan dana sharing Expert Perlindungan Hutan Perum Perhutani Regional Jawa Tengah, Weda Panji Hudaya mewakili Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Kepala BPH I Wilayah Blora & Grobogan Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda Kabupaten Blora, Sekda Kabupaten Blora Ketua DPRD Kab. Blora, Kapolres Blora, Dandim Blora dan Ketua Forum Komunikasi PHBM Kabupaten Blora.

Weda Panji Hudaya mewakili Kepala Divisi Regional Jawa Tengah Perum Perhutani mengatakan bahwa pada tahun ini terdapat sumber sharing baru yaitu Sharing Pengelolaan Wisata sebesar Rp 3.683.168,-. Jumlahnya relatif kecil karena baru mulai tahun 2017, diharapkan kedepan LMDH bisa terdorong untuk lebih menggali serta mengoptimalkan potensi wisata dan hortikultura di kawasan hutan sehingga tidak hanya berharap dari dana sharing kayu.

Djoko Nugroho mengucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani atas dana sharing yang diberikan, juga kepada Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan bantuan bibit hortikultura bagi LMDH.

“Atas nama seluruh masyarakat, Pemerintah dan LMDH kami ucapkan terima kasih kepada Perum Perhutani atas pemberian dana sharing ini Pembagian dana sharing ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Pesan saya kepada LMDH gunakan dana ini dengan baik, sesuai dengan aturan. Insyaallah akan membawa kemakmuran bagi kita semua. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah untuk bantuan bibit hortikultura bagi LMDH. Kami mohon pendampingan dari Dinas Pertanian Kabupaten Blora agar bantuan bibit ini bisa berhasil”, ujarnya. (Kom-PHT/DivreJateng/Ayk)

Editor: Ywn

Copyright©2018