Puncak Cibaja, Wisata Edukasi Dan Budaya di Alam

BANTEN, PERHUTANI (21/02/2018) | Banten memiliki beragam wisata alam, salah satunya Puncak Cibaja. Wisata binaan Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banten ini berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Anyer, Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Pasalnya, selain panorama alam yang siap memukau mata, para pengunjung juga dapat menikmati seni budaya tradisional leluhur yang terjaga apik sampai saat ini dan memiliki nilai edukasi sejarah.

Administratur KPH Banten, Toni Suratno memaparkan bahwa warisan seni budaya masih kental terdapat disana seperti Kendang Pencak, Calung, Rudat, Marawis, Rampak Kosidah, Hadroh.

Selain seni budaya, sambung Toni, dengan letak Puncak Cibaja yang berada diketinggian 360 mdpl pengunjung bisa menyaksikan indahnya hamparan Rawa Dano, yaitu kawah purba yang sudah tidak aktif.

“Jika cuacanya cerah pengunjung bisa menyaksikan hamparan persawahan disertai pemandangan barisan Gunung Karang, Gunung Pulosari, Gunung Tangkil. Namun, jika cuacanya berkabut pengunjung dapat merasakan sensasi seperti berada di Puncak Gunung Bromo dan Dieng, melihat hamparan kabut dari ketinggian,” paparnya.

Kawasan Wisata Puncak Cibaja juga berpotensi menjadi wisata penelitian karena didalamnya dihiasi ragam Flora dan Fauna. Pengunjung juga dapat menyaksikan Lutung dan Monyet yang berkeliaran di alam bebas.

“Wisata ini sangat recommended untuk semua kalangan usia. Para orangtua dapat memberi edukasi pengenalan satwa kepada anak-anaknya,” lengkap Toni.

Selain Puncak Cibaja, Perhutani KPH Banten juga mengembangkan potensi wisata alam lainnya seperti Air terjun kembar, curug lawang dan Puncak Pilar. (Kom-PHT/Btn/Ysd)

Editor: Ywn

Copyright©2018