Ratusan Siswa Taman Kanak-Kanak Penuhi Wisata Loko Tour Cepu


CEPU, PERHUTANI (5/2/2018) | Lebih dari seratus siswa Taman Kanak-kanak (TK) di wilayah kota Cepu dan sekitarnya mengunjungi Wisata Heritage Loko Tour Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Cepu, Kamis (1/2) di jalan Sono, Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Heritage Loko Tour merupakan destinasi wisata di Perhutani KPH Cepu yang menampilkan tiga jenis kendaraan loko antara lain kereta loko Drensine, kereta loko Diesel Ruston, dan kereta loko uap. Ketiga kereta loko tersebut banyak diminati pengunjung, terutama jenis Drensine dan Diesel Ruston karena harga tiketnya yang sangat terjangkau. Pengunjung yang datang mulai dari anak-anak sampai orang tua. Mereka berasal dari wilayah Blora, Semarang dan Surabaya bahkan setiap tahunnya pasti ada turis dari mancanegara seperti Malaysia, Jepang, Jerman dan negara lain. Kereta loko uap di Cepu merupakan buatan Berlin, Jerman tahun 1928 dan merupakan yang tertua di Indonesia.

Administratur KPH Cepu, Agus Yulianto mengatakan, “Alhamdulillah sejak dilaunching oleh wakil Bupati Blora beberapa waktu lalu banyak pengunjung mulai dari anak-anak hingga dewasa yang datang untuk menikmati destinasi wisata bernuansa edukasi ini. Semoga kedepannya minat wisatawan untuk berkunjung semakin tinggi.”

Kepala sekolah TK Tunas Rimba 1 Cepu, Titik menjelaskan, “Anak-anak sangat gembira dapat berekreasi di wisata kereta Loko Tour Cepu. Tapi selain melihat kereta tua disini, mereka juga dibimbing untuk cinta lingkungan melalui kunjungan ke persemaian dan kebun bibit yang ada di Puslitbang Perhutani.”

Wisata loko tour KPH Cepu menawarkan perjalanan menaiki kereta tua dengan beberapa rute dimulai dari Depo (stasiun) Loko Tour kemudian melewati persemaian dan kebun bibit Puslitbang Cepu. Sambil menikmati perjalanan naik kereta, wisatawan akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah sekaligus belajar mengenai budidaya tanaman jati yang menjadi primadona Perhutani. Untuk dapat menikmati wisata Heritage Loko Tour terdapat beberapa paket dengan harga tiket mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis kereta yang dipilih dan rute yang dilewati. (Kom-PHT/Cpu/Sam)

Editor: Ywn

Copyright©2018