Indahnya Hutan Pinus Jati Pancoran

JAWAPOS.COM (20/3/2018) | Menghabiskan waktu untuk mengisi liburan bisa memanfaatkan objek wisata Hutan Pinus Jati (HPJ) yang dekat dari pusat Kota Bondowoso. HJP sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi. Menawarkan suasana teduh dan panorama hijau siap menyambut para pengunjung.

Di HPJ, wisatawan bisa sejenak bersantai dan menghirup udara segar. Berfoto dengan latar belakang pohon pun tak boleh dilewatkan. “Ini kawasan milik Perhutani. Kalau masyarakat sekitar sebut Hutan Pinus Jati (HPJ). Tapi kadang ada juga yang sebut Hutan Pancoran Jiwa. Ini salah satu tempat wisata hutan di dalam kota,” kata Udin salah satu petugas di HPJ, kepada Radar Ijen.

Wisata hutan jati pinus, menurut Udin adalah tempat penyadapan getah pinus dengan area yang lumayan luas. “Mayoritas di sini pohon pinus. Pohon jati juga ada. Di sini orang bisa melihat proses penyadapan getah pinus dan wujud asli getah pinus sebelum di proses seperti apa bisa di lihat langsung,” jelasnya

Di dalam area hutan pinus jati Pancoran, ada beberapa titik swafoto yang disediakan pengelola. Ada dua tempat berfoto yang dibangun di atas pohon, yang salu malah memanjang hingga bisa buat jalan-jalan. Di sini juga ada beberapa sepeda lama.

Sejauh ini, Hutan Pinus Jati biasa dimanfaatkan untuk foto pra pernikahan dan berswafoto. Selain itu ada juga wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati makanan. Wisatawan asal jember, Dara 23 tahun mengaku penasaran dengan Hutan Pinus Jati Pancoran dari media sosial instagram. Ia datang bersama rekan rekan kampus.

“Mumpung lagi libur hari Raya Nyepi. Maunya pingin yang suasana sepi juga. Awalnya biasa saja. Pas kita jalan-jalan lebih bagus juga. Seperti di dalam hutan atau perkebunan,” ucap Dara sambil tersenyum.

HPJ terletak di Desa Pancoran, Kecamatan Bondowoso, sekitar 15 menit dari pusat kota Bondowoso. Tiket masuk ke tempat ini juga boleh dibilang murah tidak mahal, pengunjung akan dikenakan biaya tiket Rp 5.000 per orang.

Sumber : jawapos.com

Tanggal : 20 Maret 2018