Perhutani Beri Pelatihan Penggemukan Sapi di Tuban

KEBONHARJO, PERHUTANI (12/04/2018) | Perum Perhutani melalui Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo memberikan pelatihan penggemukan sapi kepada 35 orang anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Mitra Binaan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan (P4S) Bumi Peternakan Wahyu Utama Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban (10/04).

Para peserta diberikan pengetahuan baik teori dan praktik bagaimana cara penggemukan sapi mulai dari pemilihan bibit yang baik, pola pembuatan kandang yang sehat, perawatan dan cara pembuatan pakan fermentasi atau konsentrat dengan memanfaatkan limbah pertanian dan limbah industri.

Di tempat terpisah Administratur KPH Kebonharjo, Riyanto Yudhotomo mengatakan bahwa bantuan pelatihan tersebut merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat sekitar hutan agar lebih mampu dalam berusaha, pihaknya berharap ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di wilayahnya masing-masing karena di sekitar hutan terdapat sumber pakan yang melimpah.

Salah satu peserta, Karyono dari Desa Wonokerto mengaku senang dan berterimakasih kepada Perhutani yang telah mengadakan pelatihan tersebut. Dia berjanji akan mencoba menerapkan ilmu yang didapat dengan harapan dapat meningkatkan perekonominnya. (Kom/Kbh/Mtp)

Editor: Ywn

Copyright©2018