Perhutani Sukabumi Optimalkan Gunung Arca sebagai Pusat Perlebahan

 

SUKABUMI, PERHUTANI (18/04/2018) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi melakukan optimalisasi kembali Gunung Arca sebagai pusat perlebahan madu.

Pada awal tahun  1994 sampai dengan 2010 KPH Sukabumi telah melakukan pengelolaan lebah madu yang kemudian dialihkan ke unit Kelola Bisnis Mandiri (KBM) seiring kebijakan perusahaan.

Melihat Potensi Gunung Arca serta permintaan madu yang tidak pernah surut, di tahun 2018 Administratur KPH Sukabumi Asep Dedi Mulyadi mengambil langkah untuk mengotimalisasikan kembali Gunung Arca di bawah kelola KPH Sukabumi sebagai pusat perlebahan. Langkah optimalisasi ini dilakukan melalui berbagai pertimbangan antara lain faktor sumber daya alam dan sumber daya manusia di Gunung Arca yang mendukung.

Langkah awal optimalisasi yang dilakukan untuk pengelolaan lebah madu ini diantaranya penyediaan stup madu di Gunung Arca serta sarana dan prasarana lain. Hingga saat ini tersedia sebanyak 100 stup yang sebagian sudah terisi dengan koloni lebah dan beberapa stup sudah menghasilkan madu.

Dengan dioptimalisasikannya kembali Gunung Arca sebagai pusat perlebahan madu Asep berharap Gunung Arca akan kembali menjadi pusat perlebahan madu yang produktif tidak hanya dalam produksi madu tetapi juga tenaga ahli perlebahan madu. (Komp-PHT/Skb/Tfk)

 

Editor: Ywn

Copyright©2018