Kunjungan Kerja Menteri BUMN Ke Wisata Alam Perhutani

JAKARTA, PERHUTANI (26/05/2018) | Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan kunjungan kerja ke wisata alam yang dikelola oleh Perum Perhutani, yaitu Ranca Upas dan Kawah Putih pada Sabtu (26/05). Dalam kunjungan kerja ini, Perum Perhutani bersinergi dengan beberapa BUMN diantaranya PNM, PLN, Telkom, Mandiri, BNI, BTN, BRI, PIHC dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

Menteri BUMN Rini Soemarno menjelaskan kunjungan kerja ini dilakukan sebagai upaya Kementerian dalam mendukung pengembangan sejumlah wilayah di Bandung Selatan yang dikelola oleh BUMN, sekaligus bentuk sinergi BUMN untuk mewujudkan keluarga Indonesia sejahtera. Dalam kunjungan kerja ini, Menteri melakukan dialog dan diskusi langsung dengan karyawan, warga dan unsur Muspika Muspida.

“Melalui kunjungan kerja ini, kami dapat berinteraksi dan melihat secara langsung pengembangan wilayah usaha yang dikelola BUMN dan dapat mendorong pengembangan yang lebih baik lagi,” katanya.

Dalam mengelola wisata Ranca Upas dan Kawah Putih, Perhutani melibatkan peran serta masyarakat melalui kemitraan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di Bandung Selatan.

Direktur Utama Perum Perhutani, Denaldy M Mauna menjelaskan masyarakat ikut mengelola operasional wisata dan bersama-sama menjaga kelestarian lingkungannya, dari hal tersebut masyarakat mendapat sharing benefit. Secara langsung juga menumbuhkan perkonomian sekitar lokasi wisata.

“Peran BUMN untuk mendorong dan menciptakan pemberdayaan masyarakat yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan. Selain di Bandung, ratusan wisata alam Perhutani se-Jawa dan Madura juga menerapkan pengelolaan bersama masyarakat desa hutan,” jelas Denaldy.

Di hari yang sama Menteri BUMN bersama BUMN yang bersinergi melakukan Bedah Rumah Karyawan Perum Perhutani dan PTPN. Hal ini merupakan wujud kepedulian pada insan BUMN yang bekerja di hutan dan kebun Negara untuk mendapatkan hunian yang lebih layak. Selain itu juga diberikan santunan kepada ratusan anak yatim dalam rangka berbagi di bulan Ramadhan. (Kom-PHT/PR/2018/v-20)

Artikel Terkait: